visitaaponce.com

Cipali dan Merak Diprediksi Jadi Simpul Macet Arus Mudik Lebaran

Cipali dan Merak Diprediksi Jadi Simpul Macet Arus Mudik Lebaran
Menhub Budi Karya Sumadi memprediksi, titik kemacetan paling tinggi saat arus mudik lebaran 2023 berada di Cipali dan Pelabuhan Merak.(Dok. Yakub Pryatama Wijayaatmaja)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi, titik kemacetan paling tinggi saat arus mudik lebaran 2023 berada di Cipali dan Pelabuhan Merak. Untuk itu, dirinya mengimbau agar masyarakat yang hendak ke wilayah Jawa Tengah berangkat lebih awal. 

"Titik kemacetan yang mungkin terjadi paling tinggi itu adalah di Cipali, oleh karenanya untuk yang akan mudik ke Jawa Tengah itu kami anjurkan untuk mudik lebih awal. Kedua adalah di Merak, tapi di Merak sudah ada penambahan armada," ujar Budi Karya saat rapat koordinasi kesiapan Idul Fitri 2023, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/4)

Di luar Cipali dan Merak, Budi menuturkan, ada beberapa tempat-tempat yang krusial titik kemacetannya, seperti di Kepulauan Riau (Kepri), lalu di Madura, Samarinda, Sulawesi Selatan (Sulsel), Maluku, hingga Papua. Selain itu, Budi mengimbau agar pemudik tidak mengendarai motor. Khususnya jika mudik jarak jauh.

Baca juga: Kabar Baik, Mudik Lebaran Tarif Tol Diskon 20%

"Karena pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, semua kementerian dan juga Polri menyedikan bus mudik gratis, ada juga di kapal, dan kereta api," ucapnya. 

Terpisah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pu-Pera) Basuki Hadimuljono menyatakan, telah menyiapkan diskon sebanyak 20%  khusus di jalur tol guna menghadapi arus mudik Lebaran 2023. Diskon tarif berlaku di gerbang Tol ruas Jakarta-Cikampek dan Kalihurip.

Baca juga: 123,8 Juta Orang Bakal Balik Kampung pada Lebaran 2023

"Diskon di Tol ruas Jakarta-Cikampek di gerbang Tol Cikampek Utama dan Kalihurip besarnya diskon 20%," ucap Basuki. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat