visitaaponce.com

Kemenhub Gunakan Pelabuhan Ciwandan Antisipasi Kepadatan Pemudik di Pelabuhan Merak

Kemenhub Gunakan Pelabuhan Ciwandan Antisipasi Kepadatan Pemudik di Pelabuhan Merak
Ilustrasi: sejumlah calon penumpang bersiap menaiki kapal di pelabuhan.(ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa pihaknya akan menggunakan Pelabuhan Ciwandan sebagai pelabuhan tambahan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak.

Menhub mengatakan, pemerintah juga telah menyepakati penambahan pelabuhan tersebut. Menurutnya, hal tersebut untuk mengantisipasi adanya kepadatan pemudik yang diprediksi akan terdapat 123,8 juta orang akan melakukan pergerakan pada saat mudik Lebaran nanti.

"Ciwandan ini memang baru tahun ini kami laksanakan. Ciwandan ini adalah tambahan dari Merak, sehingga hal ini dapat lebih baik," ujar Menhub dalam Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (4/4).

Baca juga: Pelabuhan Ciwandan Kembali Beroperasi Selama Arus Mudik Lebaran

Menhub menyebut di pelabuhan Merak akan ada 7 Dermaga yang disiapkan pada masa mudik Lebaran 2023. Sedangkan pelabuhan Ciwandan akan ada 5 dermaga.

"Merak ada 7 pelabuhan dan Ciwandan akan tambah 5 pelabuhan. Insya Allah visi ratio jalan itu tidak mencapai 0,46 sehingga tidak akan ada penumpukan di situ," katanya.

Baca juga: Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diperkirakan Capai 42 Ribu Kendaraan

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan Pelabuhan Ciwandan, Banten sebagai pelabuhan penyeberangan untuk pemudik moda sepeda motor pada masa angkutan mudik Lebaran 2023 guna antisipasi adanya kepadatan di wilayah pelabuhan Merak.

"Maka harus ada langkah-langkah yang luar biasa dan manajemen mudik tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin. Pelabuhan Ciwandan ini bukan alternatif, tetapi akan digunakan bersamaan dengan pelabuhan penyeberangan lainnya selama masa mudik 2023," ujar Hendro dalam keterangan resmi, Senin (13/3).

Hendro mengatakan, pemudik dengan moda transportasi sepeda motor nantinya akan diarahkan menuju Pelabuhan Ciwandan. Sehingga pengguna sepeda motor nantinya tidak akan bercampur dengan kendaraan besar lain seperti truk angkutan, bus, dan lainnya.

Selain itu, penggunaan Pelabuhan Ciwandan juga diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu pengguna sepeda motor untuk diangkut masuk ke kapal penyeberangan. (Fik/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat