visitaaponce.com

Mudik 2023, Kementerian PUPR Tingkatkan Fasilitas Rest Area

Mudik 2023, Kementerian PUPR Tingkatkan Fasilitas Rest Area
Kementerian PUPR akan mengingkatkan pelayanan dan fasilitas rest area guna memberikan kenyamanan bagi pemudik lebaran.(Antara)

GUNA mendukung kenyamanan pemudik saat arus mudik lebaran, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tingkatkan fasilitas dan pelayanan rest area. 

"Dari pengalaman tahun lalu, Kementerian PUPR akan menambah 2.833 mobile toilet dari jumlah eksistingnya 6.175 toilet, sehingga total jumlah mobile toilet, sekitar 9.000 unit," ujar Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono, Selasa (11/4).
  
Tidak hanya itu, fasilitas ada sejumlah rest area sepanjang tol Pulau Jawa yang dilengkapi  stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Seperti di rest area Km 13 A jalur Jakarta-Merak, sedangkan untuk jalur tol Jakarta-Probolinggo terdapat pada Km 6B, Km 208B, Km 389B, Km 456B, Km 519B, Km 616B, Km 207A, Km 379A, Km 519A, Km 626A, dan Km 695A.

Baca juga: Mudik 2023, Kendaraan di Tol Cipularang dan Padaleunyi Melonjak H-7 Lebaran

Khusus pemudik yang ingin menyeberang ke Pulau Sumatera, PUPR bekerjasama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyediakan loket pembelian tiket di rest area km 43 dan km 68.

Disamping itu, PUPR bersama kementerian perhubungan (Kemenhub), dan korps lalu lintas Polri memantau keamanan saat arus mudik. Diperkirakan tahun ini jumlah pemudik mencapai 123,8 juta. angka itu meningkat 47% dibandingkan tahun lalu. 

Baca juga: Jumlah Penumpang Pesawat Diperkirakan Meningkat Pada Musim Mudik 2023

Guna mengantisipasi peningkatan itu, Kementerian telah menyiapkan jalan tol sepanjang 2.624 km dengan 70 ruas jalan tol yang dikelola 49 badan usaha jalan tol (BUJT) yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.
 
"Kami masih menyelesaikan beberapa perbaikan dan perlebaran jalan yang kami targetkan selesaii H-10," ujar Triono. 
  
Diketahui Kementerian PUPR juga mengfungsionalkan 11 ruas tol baru. Namun masih banyak yang harus diwaspadai, seperti kurangnya penerangan jalan dan fasilitas pendukung lainnya.  Guna mengatasi itu, PUPR akan menyediakan rest area sementara. 

"Misalnya, Jalan Tol Cisumdawu hanya dari pagi sampai siang, karena memang belum lengkap. Tapi nanti di 11 ruas tersebut akan kami siapkan rest area sementara dengan fasilitas toilet, mobile BBM, dan gardu makanan-minuman secara sederhana. Kami juga akan menyiapkan rest area sementara di Jalan Tol Cikampek-Palimanan Km 81 A dan B," tutup Triono. (Ant/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat