visitaaponce.com

Airlangga Perekonomian Indonesia Cukup Solid

Airlangga: Perekonomian Indonesia Cukup Solid
Ilustrasi kegiatan ekonomi ekspor-impor(Antara Foto/Rivan Awal Lingga )

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perekonomian Indonesia masih cukup solid. Itu diperkuat dengan realisasi pertumbuhan triwulan I 2023 yang mencapai 5,03% secara tahunan (year on year/yoy).

"Pertumbuhan ekonomi kita masih cukup kuat, yaitu 5,03% dan dibandingkan tahun lalu ada peningkatan 0,01%. Patut dicatat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam 6 triwulan berturut-turut di atas 5%, menunjukkan ekonomi kita solid," ujarnya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (5/5).

Soliditas pertumbuhan ekonomi itu, kata Airlangga, juga dikonformasi oleh penyerapan tenaga kerja yang cukup besar. Pada periode Februari 2022 hingga Februari 2023, misalnya, penyerapan tenaga kerja mencapai 3 juta orang.

Baca juga: Pemerintah tak Hanya Andalkan Konsumsi Rumah Tangga

Penyerapan tenaga kerja tersebut juga diiringi dengan penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) nasional. Pada Februari 2022, TPT di Indonesia tercatat sebanyak 8,4 juta orang. Lalu di Februari 2023 TPT menyusut ke angka 7,9 juta.

Airlangga optimistis perekonomian Indonesia akan tetap memiliki pertumbuhan yang kuat. Hal itu menurutnya tercermin dari tingkat inflasi yang terkendali dan terus menurun.

Baca juga: Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,03% di Triwulan I 2023

Selain itu, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dan Purchasing Manager's Index (PMI) manufaktur masih cukup menjanjikan. IKK tercatat berada di angka 123,3, jauh di ambang batas optimis di angka 100. Sedangkan PMI manufaktur ada di level ekspansi, yakni 52,7.

Ketahanan faktor eksternal juga disebut cukup mumpuni untuk menjaga dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Cadangan devisa Indonesia, misalnya, tercatat membaik, yakni senilai US$145,2 miliar. Lalu surplus neraca dagang terus berlangsung hingga Maret 2023, menjadi yang ke 35 berturut-turut.

"Kita harap target pembangunan, pertumbuhan di akhir tahun, tahun politik ini bisa mencapai 5,3% dan kami optimis pertumbuhan ini bisa terus dijaga di 2023 dan tentu jadi momentum di 2024," pungkas Airlangga. (Mir)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat