visitaaponce.com

Pemerintah tak Hanya Andalkan Konsumsi Rumah Tangga

Pemerintah tak Hanya Andalkan Konsumsi Rumah Tangga
Ilustrasi: foto udara gedung perkantoran dari kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Jumat (5/5/2023).(MI/RAMDANI)

PEMERINTAH memastikan tak akan bergantung sepenuhnya pada kinerja konsumsi rumah tangga untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Komponen lain seperti investasi dan perdagangan juga bakal diupayakan untuk tetap kuat dan menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

"Itu kita combine, konsumsi juga, belanja pemerintah juga, ekspor dan impor, investasi. Itu akan kita dorong. Jadi bukan hanya mengandalkan konsumsi saja," jelas Plt. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ferry Irawan saat dijumpai pewarta di kantornya, Jakarta, Jumat (5/5).

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi rumah tangga masih menjadi mesin utama pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I 2023. Komponen pengeluaran itu tercatat tumbuh 4,54% secara tahunan (year on year/yoy) dan berkontribusi hingga 52,88% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca juga: Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,03% di Triwulan I 2023

Ferry mengatakan, angka pertumbuhan konsumsi rumah tangga itu berpotensi naik pada triwulan II 2023. Itu karena ada momen lebaran dan pemberian tunjangan hari raya (THR) yang secara umum bakal mendongkrak konsumsi masyarakat.

"Tidak cuma THR sebetulnya. Bagaimana kita memastikan aktivitas ekonomi tetap jalan, itu strategi kita juga. Kenapa di triwulan II penting, pertama lebaran itu dicombine dengan kebijakan lain, kita harapkan multiplier-nya besar," jelas dia.

Baca juga: Perdagangan Karbon, Pemerintah Tekankan Pentingnya Sertifikasi dan Ketelusuran

Pemerintah, lanjut Ferry, juga terus melanjutkan agenda reformasi struktural untuk mendongkrak kinerja perekonomian dalam negeri. Salah satu yang paling nyata dari implementasi agenda tersebut ialah realisasi investasi yang cukup apik di triwulan I 2023.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)/Kementerian Investasi mencatat realisasi investasi di triwulan I 2023 mencapai Rp328,9 triliun, atau tumbuh 16,5% dibanding tahun lalu. Ferry mengatakan, pemerintah akan berupaya menjaga iklim investasi di Tanah Air agar geliat penanaman modal dapat bertumbuh dan terjaga.

Selain itu, pemerintah juga akan menggali peluang sektor perdagangan luar negeri. Pengambil kebijakan meyakini perlambatan ekonomi global saat ini masih menyisakan peluang untuk Indonesia menumbuhkan kinerja dagang.

"Meski (ekonomi global) melambat, tapi ada beberapa negara yang growth-nya masih bagus. Kita bisa menyasar produk apa yang cocok dengan negara tersebut dan kita punya, itu kita lihat. Negara seperti Tiongkok, India, itu masih sangat bagus," pungkas Ferry. (Mir/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat