visitaaponce.com

Jokowi Harap Sensus Pertanian 2023 Lahirkan Data Kebutuhan Pupuk Subsidi yang Akurat

Jokowi Harap Sensus Pertanian 2023 Lahirkan Data Kebutuhan Pupuk Subsidi yang Akurat
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam acara pencanangan pelaksanaan sensus pertanian 2023, di Istana Negara.(MGN/Kautsar Widya Prabowo)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) berharap sensus pertanian 2023 dapat melahirkan data kebutuhan pupuk susbisidi yang akurat. Pasalnya, masih banyak petani yang mengeluhkan minimnya ketersedian pupuk subsidi. 

"Pelaksanaan sensus pertanian 2023 ini agar sensus ini betul-betul menghasilkan data yang terkini akurat dan terpercaya," ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara pencanangan pelaksanaan sensus pertanian 2023, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (15/5). 

Jokowi menjelaskan persoalan pupuk subsidi disebabkan antara lain karena kurangnya suplai hingga buruknya distribusi ke para petani. Sehingga, ia berharap sensus pertanian 2023 dapat memetakan persoalan tersebut secara dini. 

Baca juga: Presiden Minta Ada Subsidi Pupuk Organik 500 Ribu Ton

"Kalau datanya akurat gampang sekali oh ya (kebutuhan pupuk subsidi) bukan 9 juta ton tapi 13 juta ton misalnya. Oleh karena itu saya mendukung sekali pelaksanaan sensus pertanian 2023," jelas Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono memastikan sensus pertanian 2023 akan melahirkan data yang komperhensif. Terutama dalam menyelesikan persoalan pupuk subsidi. 

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Wamen BUMN Periksa Stok Pupuk Bersubsidi di Palembang

"Harapan kami data tsb juga dpt dimanfaatkan oleh pemerintah salah satunya utk perbaikan data targeting penyaluran pupuk bersubsidi," terang Margo. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat