visitaaponce.com

Luhut Ditunjuk Pimpin Satgas Percepatan Investasi di IKN

Luhut Ditunjuk Pimpin Satgas Percepatan Investasi di IKN
Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ketua satgas percepatan realisasi investasi di IKN.(MI/Insi)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) membentuk satuan tugas (Satgas) Percepatan Realisasi Investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Satgas itu diketuai Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan

"Pak Luhut, yang akan mengkoordinir inter depth dan juga semua lembaga yang terkait sehingga proses dari percepatan investasi di IKN ini dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih efisien lagi,” ujar Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, di Kompleks Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (16/5).

Bambang menjelaskan dirinya ditugaskan Presiden Jokowi untuk membentuk unit pelayanan satu pintu. Program ini akan menindaklanjuti kebutuhan investor di IKN.

Baca juga: Basuki Tegaskan Tahun Politik tidak Ganggu Pembangunan di IKN

"Nanti akan berada di dalam one stop shop itu, jadi satu pintu saja, nanti investor ke kami atau ke BKPM, Kementerian investasi sama saja karena kita merupakan bagian dari online sistem," jelasnya. 

Selain Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKM), beberapa kementerian terkait juga akan dilibatkan dalam pelayanan satu pintu. Seperti Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan yang berwenang mengurus insentif pajak bagi investor. 

Baca juga: Jokowi Dipastikan Gelar Upacara 17 Agustus 2024 di Istana Negara IKN Nusantara

"Ada beberapa insentif tentang perpajakan yang memang harus dielaborasi dan implementasinya tentu ini akan ditunggu oleh para pelaku usaha," bebernya.

Kemudian, Bambang menyampaikan bahwa hingga saat ini sudah ada 209 komitmen investasi atau letter of interest (LoI) di IKN. Angka tersebut dipastikan akan bertambah. 

"Dari letter of interest 209 itu sekitar 36 sudah menandatangani apa yang disebut non disclosure agreement, jadi sudah meningkat pada tahap selanjutnya," terangnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat