visitaaponce.com

Minat Investor Swasta di IKN Diklaim Makin Tinggi

Minat Investor Swasta di IKN Diklaim Makin Tinggi
Pembangunan di IKN Nusantara(Antara/Hafidz Mubarak A )

KEPALA Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono menyebut jika minat investor swasta untuk berinvestasi di IKN semakin tinggi. Menurutnya, hingga saat ini sudah ada lebih dari 200 investor yang mulai melirik IKN Nusantara.

"Tentu kami menerima cukup banyak peminat dari dalam dan luar negeri, hampir fifty-fifty (50:50)," tutur Bambang kepada awak media di Jakarta, Selasa (23/5).

"Keinginan dari calon investor dalam dan luar negeri kira kira lebih dari 220 Letter of Intent (LoI). Kemudian untuk macul di lapangan (realisasi investasi) butuh waktu ya," sambungnya.

Baca juga: IKN Kurang Diminati Investor, Status Lahan Jadi Masalah Utama

Bambang menambahkan, dari sejumlah LoI tersebut, 24 di antaranya didapat saat dirinya mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT G7 di Hiroshima, Jepang. Dirinya memaparkan ada 5 perusahaan yang melakukan penandatanganan MoU.

"Saya sendiri baru dari Hiroshima mendampingi Bapak Presiden di G7 dan disana kita mendapatkan respon positif dari investor Jepang, ada 5 MoU yg ditandatangani dengan berbagai pihak, kemudian 24 LoI yg kami terima dari berbagai investor yg ada di Jepang untuk mereka. Nantinya insyaAllah tindak lanjuti dengan berbagai hal yg detail," kata Kepala OIKN tersebut.

Baca juga: Indonesia-Jepang Teken 5 MoU dan 24 LoI Proyek IKN di Kalimantan

Seperti diketahui, hanya 20% dari total anggaran IKN yang bakal dibiayai oleh APBN. Sisanya merupakan partisipasi swasta meliputi investasi langsung, public private partnership, pembiayaan kreatif seperti crowd funding ataupun carbon trading, filantropi dan lain sebagainya. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat