visitaaponce.com

Usulan Angka Defisit Dinilai Cukup Moderat

Usulan Angka Defisit Dinilai Cukup Moderat
Ilustrasi: suasana gedung bertingkat di Jakarta.(Antara/Muhamamd Adimaja )

ANALIS Utama Ekonomi Politik dari Laboratorium Indonesia 2045 (LAB 45) Reyhan Noor menilai usulan defisit anggaran di kisaran 2,16% hingga 2,64% dari produk domestik bruto (PDB), setara Rp496,6 triliun hingga Rp610,9 triliun untuk tahun depan cukup moderat. Itu karena perekonomian Indonesia dan dunia memiliki prospek pemulihan ekonomi yang relatif lebih kuat.

"Angka tersebut cukup moderat dengan prospek pemulihan ekonomi yang akan terjadi pada tahun depan," ujar dia saat dihubungi, Selasa (30/5).

Berakhirnya proses politik melalui pemilihan umum (pemilu) yang lebih awal pada tahun 2023 dinilai dapat menjadi momentum bagi Indonesia dalam meningkatkan ketidakpastian terhadap kondisi makroekonomi domestik.

Baca juga: Defisit Anggaran 2024 Diusulkan Rp610 Triliun

Angka usulan defisit tahun depan diketahui lebih rendah dari proyeksi defisit anggaran tahun ini yang sebesar 2,84% dari PDB. Reyhan menilai, itu merupakan langkah positif yang disusun pemerintah berkaitan dengan pengelolaan utang ke depan.

Terutama pascapenanganan pandemi covid-19 yang membuat utang negara meningkat cukup signifikan. Reyhan berpandangan, pada masa akhir periode pemerintahan saat ini, pengelolaan anggaran perlu menjadi perhatian utama sehingga tidak memberikan peninggalan (legacy) yang terlalu berat bagi pemerintahan selanjutnya.

Baca juga: Penjelasan Sri Mulyani Soal APBN yang Selalu Defisit

"Oleh karena itu, upaya penyusutan ini merupakan langkah strategis untuk bisa memberikan peninggalan yang positif untuk keberlanjutan pembangunan Indonesia pada masa mendatang," tutur dia.

Kendati demikian, ketidakpastian di level global masih akan terus berlanjut apalagi dengan tambahan momentum politik yakni pemilu di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Rusia, dan Ukraina.

Dengan pengelolaan anggaran yang lebih pruden, kata Reyhan, pemerintah dapat mengambil momentum untuk meyakinkan investor bahwa ekonomi Indonesia terus menuju posisi yang lebih baik dan reformasi tersebut akan berlanjut pada masa yang akan datang. (Mir/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat