visitaaponce.com

Wapres Separuh PDAM Dalam Kondisi Sakit

Wapres: Separuh PDAM Dalam Kondisi 'Sakit'
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.(Setpres)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkap hampir setengah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia berstatus tidak sehat. Hal itu ia ketahui berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2021.

"Jumlah PDAM yang statusnya sehat baru sekitar 58% dari total 388 PDAM, sisanya masih berstatus kurang sehat dan sakit," ujar Wapres saat membuka acara Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Juni 2023.

Wapres menjelaskan diperlukan kondisi PDAM yang sehat dalam meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan air minum. Tercatat baru 91 persen masyarakat  Indonesia yang telah mendapatkan akses sumber air layak pada 2022.

Baca juga : 4 Korban Kriminalisasi Investasi Kirim Surat Terbuka ke Jokowi

Oleh karenanya, Wakil Kepala Negara medorong pemerintah daerah memperkuat tata kelola PDAM. Terutama fokus untuk membenahi aspek keuangan, pelayanan, operasional, dan sumber daya manusia.

"Bagi PDAM yang belum berstatus sehat, dapat belajar dari kisah sukses PDAM yang sudah berstatus sehat, untuk kemudian dipraktikkan sesuai kondisi daerah masing-masing," jelasnya.

Baca juga : Korupsi Dana PDAM Makassar, Kejati Sulsel Sita Rp1,5 Miliar

Di samping itu, Ma'ruf mengakui masih banyak masyarakat Indonesia yang belum dapat menikmati air bersih yang layak dan aman. Data Kementerian Kesehatan menyebutkan, sekitar tujuh dari 10 sumber air rumah tangga tercemar limbah.

Kondisi ini kata Ma'ruf, juga terjadi di belahan dunia lainnya. Laporan Organisasi Meteorologi Dunia menyebutkan sejumlah 3,6 miliar penduduk dunia tidak mendapat akses air bersih yang layak.

"Jumlah tersebut diperkirakan bertambah hingga 5 miliar orang (tidak mendapatkan akeses air bersih) pada 2050," bebernya.

Sementar itu, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020–2024, Pemerintah menargetkan 100% rumah tangga memiliki akses air minum layak pada 2024. Hal ini termasuk 15 persen akses air minum aman dan 30 persen akses air minum perpipaan. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat