visitaaponce.com

Pupuk Pembenah Tanah Organik Berbasis Mikrob Bisa Jadi Alternatif Kebutuhan Subsidi

Pupuk Pembenah Tanah Organik Berbasis Mikrob Bisa Jadi Alternatif Kebutuhan Subsidi
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara Gerry Hukubun(Ist)

PUPUK pembenah tanah organik padat berbasis mikrob bisa menjadi pelengkap pupuk organik cair dan granul untuk memenuhi kebutuhan subsidi petani.

"Pupuk pembenah tanah organik padat berbasis mikrob juga bisa jadi pemulih kemasaman (kealkalian) tanah, memperbaiki unsur hara tanah, pH (derajat keasaman) tanah, memperbaiki kesehatan tanah, serta meningkatkan produktivitas hasil dan kualitas hasil pertanian," ungkap Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara Gerry Hukubun melalui keterangan tertulisnya, Minggu (11/6).

Baca juga: Lebih Hemat, Para Petani Mulai Beralih Gunakan Pupuk Organik

Dia menjelaskan dirinya pernah beberapa kali ke lahan petani melihat langsung pupuk pembenah tanah organik padat berbasis mikrob tersebut.

"Saat digunakan petani, hasilnya sangat signifikan, meningkat, dan bagus," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, harga pupuk organik hayati dari mikrob itu jauh lebih murah dan mampu memberikan hasil maksimal serta buatan dalam negeri. Karena itu, sebaiknya dimanfaatkan dan dioptimalkan.

"Usulan saya Pak Jokowi dapat mencari tahu perusahaan-perusahaan anak negeri yang memproduksi ini dan dapat memanfaatkan pupuk ini untuk memenuhi kebutuhan petani di Indonesia," tutupnya.

Baca juga: Jokowi Minta Petani Gunakan Pupuk Organik untuk Kurangi Ketergantungan Impor

Sebelumnya, awal April lalu Presiden Joko Widodo semringah tatkala melihat padi-padi petani di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menggunakan pupuk organik.

Ia pun meminta daerah lain ikut memaksimalkan penggunaan pupuk organik untuk padi demi mengurangi ketergantungan impor.

Menurutnya, pupuk organik memiliki banyak nilai plus. Pertama, pupuk organik dapat digunakan sebagai alternatif saat stok pupuk kimia sulit didapat.

Jokowi sempat mengungkapkan kesulitan mendapatkan suplai pupuk serta bahan baku pupuk juga tengah dialami oleh negara lain sebagai dampak dari konflik Rusia dan Ukraina yang merupakan negara penghasil pupuk.

Nilai plus lainnya dengan penggunaan pupuk organik yaitu mengurangi biaya yang harus dikeluarkan petani dan mengurangi kerusakan lingkungan. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat