visitaaponce.com

Mentan Pastikan Stok Hewan Kurban Tahun Ini Aman

Mentan Pastikan Stok Hewan Kurban Tahun Ini Aman
Menteri Pertanian mengecek ketersediaan hewan kurban di Bogor, Jawa Barat.(MI/Dede Susianti)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan pengecekan hewan kurban di Bogor, Jawa Barat, Senin (19/6) malam. Pengecekan dilakukan di Depo Sapi Kelompok Ternak milik PT Bima Jaya Farm yang berlokasi di Jalan Sholeh Iskandar, Simpang Yasmin, Kota Bogor.

Dari peninjauan tersebut, ia memastikan bahwa ketersediaan hewan kurban dalam kondisi aman.

“Kami hari ini melakukan pengecekan on the spot, tempat-tempat yang dipersiapkan untuk menampung sapi, kerbau dan hewan lainnya dalam rangka persiapan Idul Kurban yang sebentar lagi akan berlangsung,” ujar Syahrul.

Baca juga: Berbeda Tanggal Idul Adha dengan Pemerintah, Muhammadiyah: Tidak Usah Diperdebatkan

Depo Sapi kurban Bima Jaya Farm menampung 900 ekor sapi yang 90% berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka juga memiliki 150 kambing/domba.

Berdasarkan informasi Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), seluruh hewan kurban di lokasi itu dipastikan telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Baca juga: Wapres Minta Perbedaan Tanggal Idul Adha Tidak Menjadi Polemik

“Hari ini saya cek ear tag, jadi semua hewan kurban yang dari daerah, NTT, NTB, maupun Sulawesi harus ada ear tag. Dan saya cek tadi yang di sini, ada semua,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menekankan pihaknya bersama dengan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota terus berkoordinasi untuk mempersiapkan hewan kurban tahun ini dalam segala aspek.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu juga menyebut pihaknya telah membentuk tim gugus tugas yang setiap minggunya melaporkan kesiapan hewan kurban di tingkat daerah.

“Tahun ini, saya pastikan Kementan mempersiapkan hewan kurban dengan jauh lebih baik dalam segala aspek. Tentu Kementan bersama dengan kabupaten dan provinsi yang ada di Indonesia,” terangnya.

Kementan mencatat, ketersediaan hewan kurban 2023 secara nasional, baik sapi, kerbau, kambing maupun domba mencapai 2.737.996 ekor. Sementara kebutuhan hewan kurban tahun ini diproyeksikan 1.743.051 ekor atau meningkat 2% dari tahun sebelumnya.

"Ketersediaan yang cukup dan lebih baik dari tahun lalu Tahun lalu, kita over stok sekitar 900 ribu ekor. Sekarang over stoknya di atas 1 juta ekor," tandas Syahrul. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat