visitaaponce.com

Pasar Menanti Pengumuman Suku Bunga Acuan BI

Pasar Menanti Pengumuman Suku Bunga Acuan BI
Layar memampilkan logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Kamis (17/6/2021).(ANTARA/HAFIDZ MUBARAK A)

KAMIS (22/6) ini, pelaku pasar dan investor dari dalam negeri menanti arah kebijakan Bank Indonesia (BI) sehubungan dengan suku bunga acuan. Sejak Rabu (21/6) hingga Kamis, BI melaksanakan Rapat Dewan Gubernur (RDG).

"Meski BI memiliki ruang menaikan suku bunga acuan, pasar memprediksi BI masih mempertahankan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di 5,75%," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Kamis (22/6).

Prakiraan ini dilatarbelakangi kondisi perekonomian Indonesia yang terjaga, dengan inflasi di area target BI.

Baca juga: IHSG Hari ini Dibuka Melemah

Pasar berharap keputusan hasil RDG mendorong menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan, di tengah prakiraan inflasi yang rendah dan upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

BI juga terus mengoptimalkan seluruh bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta mendukung upaya perbaikan ekonomi lebih lanjut.

Baca juga: Sentimen Suku Bunga Acuan BI Warnai Pergerakan Saham Minggu Ini

Hal ini mencerminkan kebijakan BI terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dan meningkatkan kredit pembiayaan kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, ekspor, serta inklusi ekonomi dan keuangan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat