visitaaponce.com

Ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Bagaimana Nasib KA Argo Parahyangan

Ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Bagaimana Nasib KA Argo Parahyangan?
KA Argo Parahyangan(Antara/Raisan Al-Farisi)

PEMERINTAH melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kereta api (KA) Argo Parahyangan tidak disuntik mati alias masih beroperasi mengangkut penumpang, meski Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan beroperasi di tahun ini.

Sebelumnya, Kementerian BUMN mengusulkan agar KA Argo Parahyangan berhenti beroperasi membawa penumpang dan beralih menjadi kereta logistik.

"KA Argo Parahyangan tetap beroperasi," ungkap Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal saat dihubungi wartawan, Rabu (28/6).

Baca juga : Kemenhub Masih Kaji Opsi Pemberhentian Argo Parahyangan

Ia mengatakan meski memiliki tujuan yang sama yakni pergi ke Bandung, rute yang dilewati KA Argo Parahyangan dengan KCJB pun berbeda. Sehingga, pengoperasian KA Argo Parahyangan tidak mengganggu keberadaan kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu.

Masyarakat yang akan pergi ke Bandung dengan KA Argo Parahyangan akan naik dari Stasiun Gambir, lalu menuju Bekasi, Cimahi dan Bandung. Sedangkan, KCJB melayani empat stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar.

"Pangsa pasarnya kan agak beda. Jalur keretanya pun berbeda walau searah ke Bandung. Jadi, tidak ada masalah," jelas Risal.

Baca juga : Kemenhub akan Sulap Argo Parahyangan Jadi Kereta Wisata

Selain itu, masyarakat bisa memiliki beragam opsi menaiki moda transportasi untuk pergi ke Kota Kembang dengan jarak waktu perjalanan yang berbeda. 

Jarak tempuh KA Argo Parahyangan dari Jakarta ke Bandung selama 3 jam 15 menit. Sedangkan, dengan KCJB, masyarakat bisa sampai ke Bandung dalam waktu 45 menit.

Selain jarak tempuh, harga tiket dua kereta juga berbeda. Tiket KA Argo Parahyangan Jakarta-Bandung dibanderol mulai Rp150 ribu. Sementara, tarif kereta cepat dipatok sekitar Rp300 ribuan untuk jarak terjauh.

Baca juga : Beredar Tarif Whossh Capai Rp600 Ribu, Kemenhub : Jangan Cepat Percaya

"Iya jadi ada beberapa pilihan untuk masyarakat pergi ke Bandung," pungkas Risal.

Dihubungi terpisah, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengamini pernyataan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub yang menegaskan KA Argo Parahyangan tidak berhenti beroperasi, seiring pengoperasian KCJB. 

Moda transportasi tersebut masih bisa dinikmati masyarakat dari Stasiun Gambir ke Bandung, atau sebaliknya.

Baca juga : Pengamat Minta Tarif Kereta Cepat Jangan Sikut-sikutan dengan Argo Parahyangan

"KA Argo Parahyangan masih akan beroperasi," sebutnya.

KAI disatu sisi, masih menunggu izin operasional KCJB dari Kemenhub yang akan terbit pada Juli, satu bulan sebelum kereta cepat dikenalkan masyarakat atau soft launching pada 18 Agustus 2023. (Z-5)

Baca juga : Izin Terbit, Kereta Whoosh Siap Beroperasi Komersial

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat