visitaaponce.com

Izin Terbit, Kereta Whoosh Siap Beroperasi Komersial

Izin Terbit, Kereta Whoosh Siap Beroperasi Komersial
Kementerian perhubungan telah mengeluarkan izin operasi sarana perkeretaapian umum untuk  kereta cepat Jakarta - Bandung.(MI/Andhika)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan izin operasi sarana perkeretaapian umum untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh pada Selasa (26/9). Izin operasi ini dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Indonesia-China.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan dengan keluarnya sertifikasi sarana dan prasarana kereta, maka telah memenuhi aspek kelaikan operasional kereta cepat. Bulan ini, moda transportasi terbaru itu akan beroperasi secara komersial. Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan soft launching atau pengenalan Kereta Whoosh ke publik di Stasiun Halim, Jakarta, pada Senin, (2/10).

“Alhamdulillah seluruh komponen pengujian dan sertifikasi telah dilaksanakan sehingga surat izin operasi ini dapat diterbitkan dan operasi komersial KCJB dapat segera dilakukan,” tutur Budi dalam keterangan yang diterima Media Indonesia, Minggu (1/10).

Baca juga: Perusahaan Es Krim Aice Meriahkan Uji Coba Kereta Cepat Whoosh

Menhub mengatakan operasional Kereta Whoosh akan dilakukan secara bertahap untuk terus dilakukan evaluasi sampai dengan skenario akhir atau ultimate hingga 68 perjalanan kereta per hari. Pasalnya, saat uji coba operasional terbatas dengan penumpang tidak berbayar pada September lalu, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator Kereta Whoosh hanya mengoperasikan delapan perjalanan per hari.

“Operasional secara bertahap ini dilakukan untuk memberi ruang kepada operator agar bisa menyesuaikan diri dan memaksimalkan pelayanan kereta cepat,” terang Menhub.

Baca juga: 30 Ribu Orang Sudah Jajal kereta Cepat Whoosh

Dalam satu rangkaian kereta (trainset) cepat relasi Jakarta-Bandung terdiri dari delapan kereta dengan panjang 208 meter yang memiliki tiga kelas pelayanan yaitu first class di gerbong kereta 1 dan 8, business class di gerbong kereta 7, dan sisanya kelas ekonomi. Total, ada 601 kursi penumpang dalam satu rangkaian kereta.

Adapun kisaran harga yang akan dipatok pemerintah untuk Kereta Whoosh kelas ekonomi sebesar Rp250 ribu hingga Rp350 ribu. Menhub menyebut akan diterapkan tarif promo pada awal operasional KCJB untuk menarik minat masyarakat. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat