visitaaponce.com

Bapanas Minta Pemda Tambah Anggaran untuk Ketahanan Pangan

Bapanas Minta Pemda Tambah Anggaran untuk Ketahanan Pangan
Ilustrasi(Antara)

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mendorong pemerintah daerah (pemda) menambah anggaran mengenai ketahanan pangan tahun ini. Langkah itu diperlukan dalam menghadapi kekeringan panjang akibat el nino.

 

"Ini harus didorong. Pangan itu salah satu yang penting selain energi, jadi keuangannya saya minta tolong untuk dianggarkan lebih," ujar Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/7).

Arief mengungkapkan pemerintah daerah rata-rata hanya menganggarkan 0,6% anggaran yang dimiliki untuk keperluang pangan. Menurutnya, itu jauh dari cukup.

Baca juga: Bapanas Gandeng BRIN untuk Wujudkan Penyatuan Data Pangan

"Pemerintah daerah harus bisa berkolaborasi dengan pusat karena pemenuhan pangan merupakan tanggung jawab bersama. Setiap kepala daerah bertanggung jawab atas pangan di daerah masing-masing," tegasnya.

Bapanas pun sudah menggandeng Kementerian Dalam Negeri untuk mengeluarkan aturan terkait pengalokasian dana APBD untuk pangan.

Baca juga: Bapanas Sebut Pergerakan Nilai Tukar Rupiah Penyebab Naiknya Harga Bawang Putih

"Saya sudah sampaikanjuga ke Mendagri. Saya sudah bertemu. Pemerintah daerah nanti diharapkan buat cadangan pangan yang cukup, jaga inflasi," sambungnya.

Di sisi lain, Bapanas juga mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pangan untuk menambah stok sebagai antisipasi pemenuhan cadangan pangan pemerintah akibat el nino yang bisa menyebabkan kekeringan panjang beberapa bulan ke depan.

Ketersediaan produk-produk yang bisa bertahan dalam kondisi beku seperti daging sapi dan ayam harus ditingkatkan. Perum Bulog dan ID Food sudah mendapat penugasan 100 ribu ton daging ruminansia, sehingga ada 200 ribu ton target cadangan

Mengenai beras, kata Arief, pemerintah melalui Kementerian Pertanian menyiapkan 1,2 juta ton sebagai cadangan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat