visitaaponce.com

Aljazair dan TotalEnergies Teken Kontrak Gas Baru

Aljazair dan TotalEnergies Teken Kontrak Gas Baru
CEO perusahaan energi Prancis TotalEnergies Patrick Pouyanne.(AFP/Ahmad Al-Rubaye.)

PERUSAHAAN minyak negara Aljazair, Sonatrach, pada Minggu (9/7) menandatangani kontrak senilai sekitar US$740 juta dengan raksasa energi Prancis, TotalEnergies. Sonatrach mengatakan itu dalam suatu pernyataan.

Kesepakatan tersebut terdiri dari kontrak hidrokarbon mengenai eksploitasi TFT (Tin Fouye-Tabankort) II dan lapangan TFT Selatan di padang pasir di tenggara Aljazair serta kontrak gas alam cair dan energi terbarukan.

"Kontrak TFT II menyediakan investasi pengembangan sekitar US$332 juta. Ini memungkinkan untuk memulihkan 43 miliar meter kubik gas, 4,3 juta ton kondensat, dan 5,7 juta ton LPG," kata pernyataan itu.

Baca juga: Inflasi Tiongkok pada Juni Mendatar karena Ekonomi Sulit

"Investasi pengembangan kontrak kedua, TFT Sud, diperkirakan mencapai US$407 juta. Ini memungkinkan pemulihan 11,5 miliar meter kubik gas, 1,3 juta ton kondensat, dan 1,6 juta ton LPG," tambahnya.

Menurut Sonatrach, produksi gabungan dari dua perimeter TFT II dan TFT Selatan akan melampaui 100.000 barel setara minyak per hari pada 2026 dibandingkan dengan produksi saat ini sekitar 60.000 barel setara minyak per hari.

Baca juga: Selandia Baru Teken Kesepakatan Perdagangan Ambisius dengan UE

Kontrak gas alam memperluas komitmen antara Sonatrach dan TotalEnergies. Ini memungkinkan mereka mengonsolidasikan kemitraan komersial mereka dan memainkan peran kunci dalam pasokan gas ke pasar Prancis dan Eropa.

Kesepakatan itu ditandatangani di Aljazair oleh CEO Sonatrach Toufik Hakkar dan Kepala TotalEnergies Patrick Pouyanne. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat