visitaaponce.com

Sudah Diresmikan, Tol Cisumdawu Terkoneksi Penuh dengan Cipali dan Kertajati

Sudah Diresmikan, Tol Cisumdawu Terkoneksi Penuh dengan Cipali dan Kertajati
Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono(Antara)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) terkoneksi sepenuhnya dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Bandara Kertajati. Kondisi tersebut tentu akan memudahkan masyarakat yang bergerak dari Bandung menuju Bandara Kertajati, maupun sebaliknya.

"Tol Cisumdawu sudah terkoneksi dengan Tol Cipali dan Bandara Kertajati. Saya sebelumnya sudah menjajal Jalan Tol Cisumdawu dari Kertajati," ujar Basuki dalam peresmian Jalan Tol Cisumdawu di Cigendel, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7).

Ia mengatakan Tol Cisumdawu memang dibangun dan difungsikan untuk mendukung operasional Bandara Kertajati. Dengan jalan bebas hambatan itu, masyarakat dari Bandung dan sekitarnya yang hendak menuju Bandara Kertajati dan sekitarnya tidak perlu lagi memutar ke arah Tol Cipali dan Tol Cipularang.

Baca juga: Mulai Oktober, Penerbangan dari Husein Sastranegara Dialihkan ke Kertajati

"Misalnya ketika libur Natal-Tahun Baru, masyarakat Bandung kalau mau ke Cirebon tidak lewat Cipali lagi, langsung ke sini ke Tol Cisumdawu. Dengan tol ini, sekarang cuma butuh waktu 40 menit kalo dari ujung Tol Cileunyi sampai Tol Cipali," jelas Basuki.

Dalam dua hingga tiga pekan ke depan, Tol Cisumdawu bisa digunakan secara gratis. Setelah itu, tarif yang berlaku diperkirakan sekitar Rp1.275 per kilometer.

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu yang Siap Beroperasi

"Kira-kira 2-3 minggu uji coba gratis, tapi tergantung Standar Penilaian Minimum atau SPM-nya. Biasanya secara Standar Operasional Prosedurnya 2 minggu setelah jalan tol diresmikan baru bisa dikenakan tarif," sambungnya.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan biaya Rp5,5 triliun. Dari keenam seksi, Seksi 1-2 dikerjakan oleh Pemerintah melalui APBN sebagai bagian dari viability gap fund guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Tol Cisumdawu terbentang sekitar 61,7 km dan akan menjadi akses utama menuju Bandara Kertajati di Majalengka. Tol Cisumdawu juga merupakan salah satu proyek dari PSN yang ada di Jawa Barat. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat