visitaaponce.com

Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu yang Siap Beroperasi

Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu yang Siap Beroperasi
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Cisumdawu(MI/Setpres/Agus Suparto)

JALAN tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu), di Jawa Barat siap beroperasi. Pembangunan tol yang menghubungkan Kota Bandung melalui Cipularang dan Cipali itu telah selesai dan diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Selasa (11/7).

"Alhamdulillah, pada hari ini, jalan tol Cisumdawu, Cileunyi, Sumedang dan Dawuan, sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan," ujar presiden.

Pembangunan jalan tol Cisumdawu, imbuh presiden, sudah dimulai sejak 2011. Ia mengaku banyak masalah di lapangan hingga pembangunan tol berlangsung selama 12 tahun.

Baca juga : PPRE di Balik Rampungnya Proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3

"Utamanya proses pembebasan lahan, pembebasan tanah," ungkap presiden.

Di ruas tol Cisumdawu, terang Jokowi, ada terowongan kembar atau twin tunnel yang panjangnya 472 meter. Ia mengklaim tidak ada terowongan serupa di seluruh Indonesia.

Pembangunan tol sepanjang 61,6 kilometer (km) itu, sambungnya, menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun. Dana dari pemerintah Rp9,07 triliun, sisanya menggunakan kerja sama pemerintah dengan swasta (KPBU).

Baca juga : Ayo Mengenal Lebih Dekat Terowongan Kembar Tol Cisumdawu

"Kita harapkan dengan operasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Kertajati," tutur Jokowi.

Presiden mengatakan, pada awalnya, pembangunan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, dengan tol Cisumdawu, dikerjakan bersamaan dengan harapan bisa selesai dalam waktu yang sama. 

Namun, karena masalah pembebasan lahan, pembangunan Bandara Kertajati selesai lebih dahulu. Masalah itu, menurut presiden sempat mengganggu operasional Bandara Kertajati.

Baca juga : Tol Cisumdawu Bisa Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

"Kita harapkan dengan airport (bandara) ini selesai, tadi saya sudah sampaikan pagi, Airport Kertajati, jalan tol Cisumdawu selesai, Airport Kertajati nanti di bulan Oktober sudah operasional penuh," tutur presiden.

Setelah Bandara Kertajati beroperasi penuh, pemerintah berencana memindahkan penerbangan komersil dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat ke Bandara Kertajati. Saat ini, Bandara Kertajati hanya melayani penerbangan embarkasi haji untuk wilayah Jawa Barat dan beberapa penerbangan yang sudah masuk. Jokowi berharap operasional menuju Bandara Kertajati dapat lebih mudah dengan adanya tol Cisumdawu.

"Ini adalah airport masa depan kita karena banyak keinginan negara negara luar untuk masuk equity-nya, berpartner di Kertajati, baik untuk mengoperasikan, juga untuk meningkatkan traffic lalu lintas yang ada," paparnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat