visitaaponce.com

Kota Cirebon Bersiap Antisipasi Lonjakan Jumlah Kendaraan di Tol Cisumdawu

Kota Cirebon Bersiap Antisipasi Lonjakan Jumlah Kendaraan di Tol Cisumdawu
Tos Cisumdawu menghubungkan Bandung dengan Cirebon dan sekitarnya.(ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

KEBERADAAN Tol Cisumdawu akan berdampak pada peningkatan dan kepadatan kendaraan di libur Natal dan Tahun Baru 2024. Keberadaannya mampu mempersingkat waktu perjalanan, sehingga jumlah kendaraan pun meningkat.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Cirebon Arif Kurniawan menyatakan hal itu pada Rakor Lintas Sektoral Persiapan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Rabu (20/12).

"Pembukaan Tol Cisumdawu pasti akan dirasakan dampaknya. Keberadaan tol ini mempersingkat waktu tempuh sehingga jumlah kendaraan juga akan meningkat," ungkapnya.


Kondisi ini, lanjut dia, berkontribusi terhadap kepadatan arus lalu lintas.  Untuk itu, berbagai kesiapan pun harus dilakukan, termasuk sinergi dengan semua pihak untuk kelancaran lalu lintas di libur Natal dan  Tahun Baru.

Selain menyoroti keberadaan tol Cisumdawu, Arif juga mengungkapkan bahwa masa libur Nataru ini bertepatan dengan masa kampanye. "Saat ini memang belum terlihat adanya pengerahan massa, namun itu harus tetap diantisipasi."

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota, Ajun Komisaris Besar M Rano Hadiyanto  menjelaskan Cirebon  berada di jalur utama mudik dan jalur lintas provinsi. Kondisi itu menjadikan daerah ini jalur yang padat padaa libur Natal dan Tahun Baru.

"Untuk itu Polres Cirebon Kota menyiapkan konsep pengamanan melalui operasi lilin lodaya. Operasi ini berjalan selama 12 hari yang dimulai dari 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024," tandasnya.

Sebanyak 453 personil disiagakan. Selain itu juga masih mendapatkan bantuan dari Polda Jabar, TNI dan instansi terkait lainnya.

Pihaknya menyiapkan pos-pos mulai dari posko utama sebanyak 1 buah, pos terpadu satu, pos pengamanan sebanyak 6 pos, pos pelayanan sebanyak 3 dan pos gatur sebanyak 4. Pos-pos ini akan disiapkan di tempat yang dianggap rawan berdasarkan informasi intelejen.

"Polres Cirebon Kota juga mempersiapkan pengamanan terhadap gereja,
objek wisata serta objek vital lainnya. Sasaran yang hendak
dicapai dari kegiatan ini yaitu terwujudkan situasi Kamtibmas yang
kondusif dan memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat dalam
menjalankan ibadah Natal dan merayakan Tahun Baru 2024," tambahnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat