visitaaponce.com

Dorong Pembangunan Pariwisata yang Berkualitas untuk Perekonomian Nasional

Dorong Pembangunan Pariwisata yang Berkualitas untuk Perekonomian Nasional
Salah satu potensi wisata di Indonesia, tradisi karapan sapi di Probolinggo.(Antara)

PEMBANGUNAN pariwisata nasional sangat penting diperhatikan untuk meningkatkan kinerja perekonomian nasional. Sejumlah isu dalam proses pembangunan pariwisata nasional harus segera dicarikan solusinya dalam upaya membangun kepariwisataan berkualitas di Indonesia.

"Pembangunan kepariwisataan nasional yang berkualitas sangat penting untuk diwujudkan dalam rangka ikut mendorong peningkatan kinerja pembangunan nasional," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/7).

Pertengahan April lalu, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengungkapkan ada tujuh isu yang harus diatasi untuk membangun kepariwisataan berkualitas di Indonesia.

Baca juga: Target Pendapatan Rp111,7 Triliun dari Sektor Pariwisata Harus Mampu Direalisasikan

Ketujuh isu pembangunan kepariwisataan itu adalah penurunan kualitas lingkungan, kualitas tata kelola destinasi yang rendah, pelayanan pariwisata kurang prima, kapasitas sumber daya manusia pariwisata yang masih rendah, keterbatasan aksesibilitas udara, darat, dan laut, kekurangan investasi sektor pariwisata, dan minimnya kesiapsiagaan terhadap bencana.

Menurut Lestari, sejumlah isu di sektor pembangunan pariwisata yang menjadi catatan Bappenas itu harus menjadi perhatian para pemangku kebijakan. Ia mengatakan sejumlah isu tersebut selain membutuhkan perhatian pemangku kebijakan di sektor pariwisata, juga sejumlah kementerian dan lembaga lainnya.

Karena itu, Lestari berharap kolaborasi yang kuat antar kementerian dan lembaga harus segera direalisasikan, dalam upaya mewujudkan pembangunan kepariwisataan yang berkualitas di tanah air.

Baca juga: Sertifikasi SDM Ekonomi Kreatif Harus Mampu Dorong Pelestarian Nilai Budaya

Bersamaan dengan upaya membangun kolaborasi antar kementerian dan lembaga, tambah Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, para pemangku kebijakan juga harus mendorong sejumlah langkah untuk peningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata.

Peningkatan kualitas SDM, menurutnya merupakan faktor penting dalam pengembangan sektor pariwisata yang banyak melibatkan unsur sosial dan budaya di sejumlah daerah tujuan wisata.

Sehingga, meski sejumlah daerah tujuan wisata belum sepenuhnya memiliki kelengkapan infrastruktur yang mendukung, dengan kualitas SDM pariwisata yang berkualitas diharapkan tetap mampu menarik wisatawan.

“Potensi sektor pariwisata nasional harus mampu dimanfaatkan dan ditingkatkan dengan berbagai upaya, sehingga mampu ikut mendukung peningkatan kinerja perekonomian nasional,” tutup Lestari.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat