visitaaponce.com

Kepercayaan Konsumen AS Naik ke Level Tertinggi sejak Juli 2021

Kepercayaan Konsumen AS Naik ke Level Tertinggi sejak Juli 2021
Bagan yang menunjukkan perubahan indeks harga konsumen AS sejak 1948.(AFP/Jonathan Walter dan Laurence Saubadu.)

KEPERCAYAAN konsumen di Amerika Serikat (AS) mengalahkan ekspektasi pada Juli untuk mencapai level tertinggi dalam dua tahun. Menurut data survei yang dirilis Selasa (25/7), optimisme meningkat di segala usia.

"Meskipun suku bunga naik, konsumen lebih optimistis, kemungkinan mencerminkan inflasi lebih rendah dan pasar tenaga kerja yang ketat," kata Conference Board dalam suatu pernyataan. Indeks kepercayaan konsumen Conference Board menjadi 117,0 pada Juli atau naik dari 110,1 bulan lalu. 

Itu di atas ekspektasi rata-rata para ekonom yang disurvei oleh MarketWatch. "Kepercayaan konsumen naik pada Juli 2023 ke level tertinggi sejak Juli 2021 mencerminkan kondisi dan ekspektasi saat ini," kata kepala ekonom Conference Board, Dana Peterson, dalam suatu pernyataan.

Baca juga: Produksi Industri AS Turun Lampaui Perkiraan Analis

"Kepercayaan utama tampaknya telah keluar dari tren turun yang berlaku untuk sebagian besar tahun lalu," katanya. Ia mencatat bahwa kepercayaan yang lebih besar terlihat di antara konsumen yang berpenghasilan kurang dari US$50.000 dan mereka yang berpenghasilan lebih dari US$100.000.

Kepala ekonomi High Frequency Economics AS Rubeela Farooqi mengatakan kenaikan kepercayaan konsumen ke peningkatan dalam kondisi dan ekspektasi saat ini. "Pertumbuhan lapangan kerja tetap kuat, inflasi berangsur-angsur surut, dan pendapatan nyata kini meningkat," katanya.

Baca juga: Laba Unilever Melonjak dari Jual Aset dan Harga Naik

"Sementara sentimen konsumen berada di bawah level prapandemi, peningkatan dalam beberapa bulan terakhir merupakan sinyal positif untuk rumah tangga dan pengeluaran," tambahnya. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat