visitaaponce.com

Amman Mineral Perkuat Transformasi Pertambangan

Amman Mineral Perkuat Transformasi Pertambangan
Ilustrasi pencatatan saham IPO Amman Mineral(Istimewa)

PT Amman Mineral Internasional terus berupaya bertransformasi menjadi salah satu perusahaan tambang dengan produksi yang optimal dan operasional yang efisien.

Sejauh ini, langkah konkret itu sudah terlihat melalui anak usahanya, PT Amman Mineral Nusa Tenggara, yang melakukan eksplorasi di tambang tembaga dan emas di Batu Hijau, Sumbawa Barat (KSB), Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka mampu menghasilkan sekitar 8,78 miliar pon tembaga dan 8,7 juta ons emas di 2020. 

"Sebelumnya, tambang Batu Hijau pernah dianggap tidak lagi ekonomis. Namun, sejak 2016, setelah diambil alih Amman, tambang Batu Hijau berhasil menerapkan beberapa langkah strategis melalui efisiensi operasional. Itu mampu memecahkan berbagai rekor operasional dalam hasil produksi, serta menorehkan rekor produktivitas alat berat di skala global," ujar Direktur Utama Amman Alexander Ramlie, melalui keterangan tertulis, Minggu (30/7).

Baca juga: Asa Medco Bangun Bisnis Berkelanjutan

Tidak hanya itu, Amman juga memiliki proyek di Blok Elang yang juga berlokasi di NTB. Blok tersebut merupakan salah satu lokasi cadangan tembaga dan emas terbesar di dunia, yang saat ini masih belum dikembangkan. Proyek tersebut digadang-gadang mulai beroperasi pada 2031. 

Perusahaan pertambangan yang baru melantai di Bursa Efek Indonesia pada 7 Juli 2023 itu juga memiliki keunggulan berupa C1 cash cost yang efisien dan keselamatan pertambangan yang baik. C1 cash cost merupakan biaya langsung yang mencakup biaya-biaya yang timbul dalam penambangan dan pengolahan (tenaga kerja, tenaga listrik dan material) ditambah dengan biaya umum dan administratif lokal, biaya pengangkutan, dan biaya realisasi serta biaya penjualan.

Baca juga: Deretan Inisiatif Digitalisasi dalam Smart Mining Mind Id

Alex mengatakan setiap dobrakan yang dilakukan perusahaan merupakan buah dari pemikiran berani para karyawan. 

“Pemikiran ini memotivasi kami untuk terus mengasah kemampuan dan melewati capaian yang ada. Kami terus mengkaji prosedur dan teknik bekerja dengan mentalitas yang siap menghadapi tantangan dan perubahan demi mencapai keunggulan operasional pertambangan. Operasional Amman juga selalu dilaksanakan dengan prinsip keberlanjutan. Kami terus berpatokan pada standar global terkait manajemen lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan,” tandas Alex. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat