visitaaponce.com

Deretan Inisiatif Digitalisasi dalam Smart Mining Mind Id

Deretan Inisiatif Digitalisasi dalam Smart Mining Mind Id
Geologging merupakan aplikasi digital data capturing dengan teknologi dan machine learning untuk kegiatan eksplorasi.(Dokumentasi pribadi.)

BUMN holding industri pertambangan Mind Id mendukung smart mining dengan sederet inisiatif digitalisasi. Selain menjawab tantangan era revolusi industri 4.0, inisiatif digitalisasi membuat kinerja kian efektif dan efisien. Sepanjang 2022, anggota Mind Id melakukan beberapa inisiatif digitalisasi, salah satunya proyek Paperless Data and Central Database dari Antam. Melalui proyek tersebut, Antam membuat software untuk pengisian data operasi dari komputer satuan-satuan kerja. 

Tujuannya sebagai efisiensi aktivitas penginputan data untuk menghindari aktivitas penginputan berulang serta menjaga data operasi karena tersimpan pada central database yang memiliki ketentuan pengaksesan data. "Implementasi tersebut menjadi bagian penting dari strategi bisnis untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan berkelanjutan," ujar Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/7).

Adapun PTBA memiliki proyek aplikasi SIB dan SIM DLT untuk pengurusan izin bekerja dan penggunaan alat berat di lokasi tambang. Sedangkan Inalum memiliki proyek digitalisasi sistem human capital untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pengelolaan SDM di lingkungan kerja. Proyek digitalisasi berupa aplikasi pun dimiliki PT Timah Tbk berupa aplikasi START. Aplikasi ini berguna untuk menyimpan, mengelola, dan melacak dokumen elektronik.

Baca juga: Empat Raksasa Teknologi Bentuk Grup AI untuk Pastikan Keamanan

Di sisi lain, Geologging merupakan aplikasi digital data capturing dengan teknologi dan machine learning untuk kegiatan eksplorasi. Aplikasi ini telah dilakukan uji coba oleh Mind Id. Aplikasi hasil inisiasi bersama Antam itu merupakan salah satu komitmen grup dalam mendorong smart mining. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim Safepedia, salah satu pemenang kompetisi inovasi Mind Id Goes Digital 2021.

Adapun uji coba aplikasi Geologging berlangsung pada kegiatan eksplorasi Antam, Unit Bisnis Pertambangan Emas di Jawa Barat. Geologging dapat mempercepat dan mengalkulasi sampel batuan hasil pemboran (core), seperti rock quality designation (RQD) dan core recovery. Terdapat tiga fitur yang dimiliki Geologging, yaitu Safety Inspection, Proses Pengeboran, dan Foto Core yang dilengkapi AI. Diharapkan aplikasi ini bisa menjadi problem solver untuk efisiensi dan optimalisasi aktivitas eksplorasi.

Baca juga: Amazon Kucurkan US$120 Juta Bangun Ribuan Satelit Internet

Salah satu fokus uji coba aplikasi ini adalah mengolaborasikan fitur AI Geologging dengan aplikasi digital yang sudah lebih dulu ada, Rinda Emas. Kolaborasi tersebut diharapkan membantu meminimalisasir kesalahan input, meningkatkan efisiensi dengan cara mempersingkat proses pengumpulan data, serta mampu meningkatkan kualitas dan standarisasi data geologi sekaligus data aktivitas pengeboran.

Mind Id menyadari pentingnya keamanan siber dan privasi data dalam menjaga keberlangsungan bisnis. Oleh sebab itu, grup mengimplementasikan berbagai inisiatif untuk meningkatkan keamanan siber dan privasi data. Berbagai sertifikat ISO dikantonginya untuk mendukung perlindungan keamanan siber dan privasi data. Grup telah tersertifikasi ISO 27001 Information Security Management Systems (ISMS). Adapun kantor pusat Mind Id berhasil tersertifikasi ISO 27001 pada 15 Agustus 2022. Pada Agustus 2022, Inalum juga mendapat sertifikasi ISO 27001.

Dalam implementasi sistem manajemen keamanan informasi, seluruh anggota Mind Id melaksanakan audit keamanan atau vulnerability assessment (tes penetrasi) kepada sistem perusahaan, produk, dan data pengguna, baik secara internal maupun eksternal. Terbukti, pada 2022 tidak terdapat serangan siber dan pelanggaran terhadap privasi pelanggan yang terjadi pada seluruh anggotanya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat