visitaaponce.com

Jeli Pilih Produk dan Jaga Keamanan Transaksi agar Aman Investasi Digital

Jeli Pilih Produk dan Jaga Keamanan Transaksi agar Aman Investasi Digital
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Jakarta, Rabu (15/6/2022).(ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA)

PERKEMBANGAN mutakhir dunia maya membawa pilihan mudah dan beragam kala hendak berinvestasi secara digital. Meski banyak pilihan, namun sebagai calon investor seseorang harus tetap perlu hati-hati, cermat memilih, dan jeli dalam menghitung gain nantinya. Semua menjadi penentu sukses saat berinvestasi di ruang digital.

Influencer dan Penyiar Radio Azmy Zen menyampaikan banyak platform digital yang merayu menawarkan investasi mudah dan menggiurkan. Tapi masyarakat harus cermat memilih dan jeli berhitung. Ada emas yang bisa dibeli secara bertahap sesuai kemampuan. Bisa juga saham yang dikelola banyak platform investasi.

"Kuncinya, pilih investasi dengan hanya mengakses platform yang ber-website resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata Azmy, dalam diskusi literasi digital yang diselenggarakan Kominfo bersama panitia Lintas Melawai 2023 di Jalan Hasanuddin Dalam, Kawasan Melawai, Jakarta Selatan, dalam keterangannya.

Mengusung tema 'Jenis-jenis Investasi di Ruang Digital dan Keamanannya', diskusi luring ini melibatkan beragam komunitas di Jakarta Selatan sebagai peserta. Di antaranya Klasik Retro, Lintas Melawai, Volkswagen Beetle Club, OS BMX Jakarta, dan Klasik Retro Stroke.

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini Rp1,071 juta per Gram

Selain Azmy Zen, diskusi juga menghadirkan dua pembicara lain yakni penyanyi Megi Star, drummer Band Hijau Daun Rio, serta Rendi selaku moderator. Azmy menambahkan, akses terhadap platfom dengan website resmi dan terdaftar di OJK penting, karena kalau ada kejadian penipuan bisa segera diblokir dan diadukan ke OJK.

Selain itu, dengan bertransaksi di platform resmi keamanannya lebih terjamin buat investor.  "Buat yang minat obligasi, perhatikan komitmen bunga, juga tanggal jatuh temponya agar bisa dihitung untungnya lebih akurat dan cermat. Kecuali itu, kewaspadaan tetap harus selalu dijaga saat bertransaksi di ruang digital,” urai Azmy Zen.

Dari perspektif keamanan digital, Megi Star mengingatkan warganet untuk tidak boleh lalai saat bertransaksi di ruang digital, utamanya terkait keamanan digital. Kata Megi, setelah ketemu platform resmi, dilindungi dan terdaftar OJK, saat hendak bertransaksi sebaiknya jangan dilakukan di ruang publik.

Baca juga: Kecakapan Digital Diperlukan agar Aman saat Berselancar di Internet

"Jangan pula pakai WiFi di ruang publik yang biasanya jadi incaran hacker digital. Perkuat pakai VPN, juga password yang kuat, kalau perlu dengan two factor authentication. Sedikit njelimet, tapi menenteramkan. Tidak pula menjamin aman 100 persen, tapi membuat kita lebih nyaman saat bertransaksi," ujar Megi.

Saran menarik disampaikan Rio Hijau Daun, yang membahas dari sudut pandang kecakapan digital. Menurut Rio, sebelum memutuskan berinvestasi, seseorang harus membuat kalkulasi atau perhitungan secara jeli.

"Penting kita jaga relasi saat memilih platform investasi yang genuine dan tidak berisiko tertipu. Selain itu, dengan punya banyak relasi yang terpercaya, itu sudah meminimalisir risiko investasi," ujarnya.

Rio juga menyebut pentingnya menjaga reputasi pada banyak relasi di ruang digital. "Intinya, jaga diri dan perluas relasi dengan banyak calon pengguna investasi lewat hubungan yang menguntungkan dan berkesinambungan," saran Rio.

Diskusi literasi digital pada lingkup komunitas, untuk diketahui, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD). IMCD diinisiasi Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga 2024. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat