visitaaponce.com

Bapanas Bulog Sudah Serap 1,3 Juta Ton Beras Sepanjang Tahun Ini

Bapanas: Bulog Sudah Serap 1,3 Juta Ton Beras Sepanjang Tahun Ini
Ilustrasi panen padi(Antara)

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan, sejak Januari hingga hingga 2 Agustus 2023 Perum Bulog telah menyerap 1,3 juta ton beras. Angka itu sudah melebihi dari separuh target yang ditetapkan pemerintah yaitu 2,4 juta ton beras sepanjang tahun.

"Bapak Presiden meminta Bulog meningkatkan stoknya dari yang sudah diamankan sebanyak 1,3 juta ton dengan target serapan 2,4 juta ton sampai dengan akhir 2023," ujar Arief usai menghadiri rapat internal di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (2/8).

Dalam kurun yang sama, perseroan juga dilaporkan sudah menyalurkan lebih dari 1,34 juta ton beras untuk stabilisasi pasokan dan harga serta bantuan pangan untuk masyarakat berpendapatan rendah.

Baca juga: Mentan Sebut Kekurangan Beras Akibat El Nino Diperkirakan Mencapai 300 Ribu Ton

"Bantuan pangan beras di periode tiga bulan pertama, atau sampai akhir Juli 2023, sudah disalurkan 640 ribu ton. Itu ditujukan untuk 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat," tuturnya.

Arief mengatakan bantuan pangan tersebut sangat berdampak pada laju inflasi di Tanah Air sepanjang tahun ini. Dengan adanya dukungan dari pemerintah, masyarakat kurang mampu tetap bisa memperoleh kebutuhan pangan pokok. Akhirnya, inflasi bisa dikendalikan dan daya beli juga tetap terjaga.

Baca juga: Stok Bahan Pangan Nasional Aman Hingga Akhir 2023

"Kita memahami bahwa pangan memiliki andil signifikan terhadap inflasi. Sehingga bantuan pangan beras ini menjadi penting bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan dalam upaya menjaga daya beli masyarakat," ucapnya.

Oleh karena itu, sambungnya, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bantuan pangan
beras akan kembali disalurkan untuk periode kedua pada Oktober sampai Desember 2023 dengan volume dan sasaran yang sama dengan tahap pertama. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat