visitaaponce.com

Stok Bahan Pangan Nasional Aman Hingga Akhir 2023

Stok Bahan Pangan Nasional Aman Hingga Akhir 2023
Ilustrasi petani memanen padi(Antara)

Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan bahwa stok bahan pangan pokok dalam kondisi aman hingga akhir 2023. Ketersediaan tidak terganggu meskipun dibayangi fenomena El Nino.

"Salah satu yang Pak Presiden beri perhatian selain keuangan dan energi adalah pangan. Kami sepekan sekali harus memperbarui kondisi terakhir. Mengenai stok pangan sampai dengan akhir 2023 nanti kita aman," ujar Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Senin (31/7).

Khusus untuk beras, Bapanas telah menugaskan Bulog untuk menyerap sebanyak 2,4 juta ton sepanjang tahun ini. Angka target itu jauh lebih tinggi dari realisasi tahun sebelumnya yang hanya mencapai 990 ribu ton.

Baca juga: Perum Bulog Punya 750 Ribu Ton Stok Beras Hadapi Dampak El Nino

Adapun, untuk komoditas selain beras seperti daging dan produk hortikultura, Arief mengatakan pemerintah sudah dilakukan mitigasi dengan menyediakan penyimpanan berpendingin. Itu bisa membuat usia daya tahan bahan pangan itu lebih lama.

Dalam kesempatan itu, Arief menekankan agar setiap kepala di daerah juga harus bertanggung jawab atas ketersediaan pangannya di wilayah masing-masing.

Baca juga: Pemprov DKI Antisipasi Kelangkaan Pangan karena Kekeringan

"Dari pemerintah pusat tentunya juga akan membantu mendorong kegiatan-kegiatan. Gerakan pangan murah itu dilakukan setiap saat, memindahkan stok dari daerah surplus ke defisit dilakukan setiap hari. Jadi kegiatan ini tidak boleh putus," tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat