visitaaponce.com

Mentan Sebut Kekurangan Beras Akibat El Nino Diperkirakan Mencapai 300 Ribu Ton

Mentan Sebut Kekurangan Beras Akibat El Nino Diperkirakan Mencapai 300 Ribu Ton
Petani melakukan panen di tengah ancaman potensi El Nino(MI/Usman Iskandar )

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkap kemungkinan kekurangan pangan khususnya beras akibat El Nino mencapai 1200 hingga 300 ribu ton. Meski demikian, Syahrul menjamin kekurangan tersebut bakal mampu disiapkan oleh pemerintah.

“Kemungkinan kekurangan atau produksi yang terimbas dari El Nino sekitar 300 ribu ton sampai 1200 ton. Kita bisa siapkan,” kata Syahrul usai mengikuti rapat terbatas mengenai beras di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/8).

Syahrul mengatakan Kementerian Pertanian telah menyiapkan sekitar 500 ribu hektar lahan produksi untuk mengantisipasi ancaman El Nino. Lahan tersebut tersebar di enam provinsi di Indonesia yaitu Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: Mentan Sebut 6 Warga Papua Tengah Meninggal karena Diare

“Saya yakin kalau ini bisa bergerak sekitar 500 ribu Ha. Sorted atau imbas dari El Nino bisa kita kendalikan dengan baik,” kata Syahrul.

Meski saat ini Indonesia telah memasuki masa awal El Nino, Syahrul mengatakan kondisi sejumlah waduk masih aman. Ketersediaan air pun mampu bertahan dalam 6 bulan ke depan.

Baca juga: SYL Minta Provinsi Lampung Percepat Proses Tanam Antisipasi El Nino

“Walaupun dalam kenyataan sampai hari ini tentang El Nino yang digambarkan panas, dll. Saya cek beberapa waduk dan dam-dam besar itu airnya cukup. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat