visitaaponce.com

Saham Anjlok Jadi Alasan Waskita Kembalikan PMN Rp3 Triliun

Saham Anjlok Jadi Alasan Waskita Kembalikan PMN Rp3 Triliun
Ilustrasi(MI)

Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Herman Khaeron mengungkapkan saham anjlok menjadi alasan pengembalian Penyertaan Modal Negara (PMN) dari PT Waskita Karya ke kas negara.

"Pengembalian PMN Rp3 triliun. Memang alokasi PMN ini adalah untuk penyertaan pelaksanaan Initial Public Offering Waskita. Karena saham Waskita anjlok, PMN dikembalikan," ujar Herman kepada Media Indonesia, Senin (7/8).

Ia menjelaskan upaya penyehatan keuangan Waskita nantinya akan disertakan melalui PMN ke PT Hutama Karya (Persero). Hal itu, kata dia, telah mendapatkan restu dari parlemen.

Baca juga: Pembatalan PMN ke Waskita Dinilai Tepat

"Untuk penyehatan keuangan Waskita nanti disertakan dalam PMN Hutama Karya yang telah disetujui DPR," tuturnya.

Politisi Partai Demokrat itu juga mengatakan DPR dan pemerintah sempat membahas mengenai opsi yang tepat untuk penyelamatan Waskita. Setidaknya, saat itu ada dua opsi yang muncul, yaitu Waskita diambil alih oleh PT Perusahaan Pengelolaan Aset atau menjadi anak perusahaan Hutama Karya.

Baca juga: PMN ke Waskita Karya Ditarik, Perseroan Cari Sumber Pendanaan Alternatif

"Masa sidang yang akan datang akan dibahas dan di putuskan," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Waskita mengumumkan telah mengembalikan dana PMN senilai Rp3 triliun ke rekening kas umum negara. Itu mereka publikasikan pada keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI) per Jumat (4/8).

Direktur Utama Waskita Karya Mursyid Suyadi menyebut permintaan pengembalian PMN ke kas negara datang dari Komite Privatisasi yang diketuai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam surat Nomor EK.5/126A/M.EKON/05/2023 tanggal 10 Mei 2023 perihal Tindak Lanjut Dana PMN Untuk PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat