visitaaponce.com

Wamendag Kita Harus Terus Majukan Ritel di Indonesia

Wamendag: Kita Harus Terus Majukan Ritel di Indonesia
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.(MI/RAMDANI)

WAKIL Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan bahwa kegiatan perusahaan ritel di Indonesia harus terus ditingkatkan. Hal itu dikarenakan perusahaan ritel mampu menjadi pendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

"Tahun ini pertumbuhan ekonomi kita ada di angka 5,17 persen (year-on-year/yoy) dan itu merupakan salah satu angka yang sangat signifikan. Salah satu pendorong pertumbuhan ini adalah kegiatan retail, maka dari itu kita harus tingkatkan lagi kegiatan ritel kita," kata Jerry dalam acara Indonesia Retail Summit 2023 di Jakarta, Selasa (15/8).

Menurutnya, kegiatan ritel sangat memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian. Hal itu terlihat dari besarnya kontribusi terhadap konsumsi rumah tangga sebesar 5,23 persen dan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 50 persen, serta kontribusi terhadap ketenagakerjaan di sektor UMKM sebesar 97 persen.

Baca juga:  IHSG Sepekan Ditentukan Sentimen Data Penjualan Ritel dan Neraca Perdagangan

"Ritel ini pengaruhnya sangat besar, seperti menyediakan lapangan pekerjaan, memberikan pekerjaan dan memberikan dampak positif. Oleh karena itu, para ritel-ritel ini bisa diberikan banyak keberpihakan untuk bisa menjamin retail itu tumbuh dengan positif," tuturnya.

Lebih lanjut, Wamendag juga mengatakan, dengan jadinya Indonesia sebagai ketua konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN tentunya itu menjadi kesempatan bagi para peritel untuk melakukan perputaran perdagangan dan juga untuk meningkatkan volume perdagangan.

Baca juga: Lewat Ekspor Ritel, Batik Boyolali Laris di Singapura dan Malaysia

Menurutnya, dengan adanya side event dari KTT ASEAN tersebut, para peritel dapat membangun konektivitas dan melakukan promosi produk-produk yang terkait dengan ritel dan UMKM.

"Jadi ini semua harus kita manfaatkan, dan saya yakin betul bahwa apa yan kita miliki ini bisa menjawab keraguan-keraguan kita, bahwa sektor perdagangan ini akan tetap memberikan kontribusi yang sangat signifikan," ujarnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat