visitaaponce.com

Milenial Makin Kaya, BI Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Diatas 5 Persen

Milenial Makin Kaya, BI Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh Diatas 5 Persen
Pedagang mengambil emas yang dipilih calon pembeli(Antara/Aditya Pradana Putra)

BANK Indonesia (BI) memperkirakan ekonomi Indonesia pada kuartal-III 2023 akan mengalami pertumbuhan sebesar 5,15 persen dan keseluruhan tahun tumbuh di kisaran 4,7-5,5 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pertumbuhan tersebut tentunya didorong konsumsi masyarakat oleh yang semakin baik sejak Pandemi Covid-19, salah satunya para milenial yang semakin kaya.

"Ekonomi Indonesia termasuk yang tumbuh tinggi di dunia. Pada kuartal II-2023 ekonomi kita tercatat tumbuh 5,17 persen dan kuartal III-2023 diperkirakan 5,15, keseluruhan tahun di atas 5 persen kisaran 4,7-5,5 persen. Sumber pertumbuhan ini oleh domestik, khususnya dari konsumsi para milenial kita itu semakin kaya," kata Perry dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Selasa (29/8).

Baca juga : Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Tetap Tinggi, Inklusif, dan Berkualitas

Perry menjelaskan, untuk pendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal-III ini berasal dari perdagangan, logistik, akomodasi makanan minuman, dan sektor jasa keuangan.

"Sektor jasa itu Indonesia sudah 45 persen dari pertumbuhan ekonomi kita, sehingga ini menjadi daya dorong ekonomi kita. Itu terlihat dari berbagai indikator yang masih tetap baik," jelasnya.

Baca juga : Aruna di Simposium ERIA Bersama Menko Perekonomian: Konvergensi Digital Dimulai dari Langkah Simpel 

Perry melanjutkan, inflasi Indonesia juga termasuk yang terendah di dunia. Pada Juli 2023 sebesar 3,08 persen, di mana hal itu dorong oleh kebijakan moneter melalui stabilitas nilai tukar rupiah hingga pengendalian inflasi baik di pusat maupun di daerah.

"Sehingga inflasi akhir tahun ini kemungkinan bisa sekitar 3 persen, bahkan lebih rendah 2,9 persen," ujarnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat