visitaaponce.com

Ikappi Harga Beras Alami Kenaikan karena Stok di Penggilingan Menipis

Ikappi : Harga Beras Alami Kenaikan karena Stok di Penggilingan Menipis
Pedagang beras di Pasar gedhe Klaten, Jawa Tengah(MI/Djoko Sardjono)

KETUA Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri membenarkan terkait harga beras di pasar yang saat ini tengah mengalami lonjakan harga.

Abdullah mengatakan, faktor penyebab lonjakan harga tersebut diakibatkan oleh stok beras yang ada di penggilingan mulai menipis dan membuat harga beras terkerek naik.

"Penyebabnya karena memang stok di penggilingan itu tidak banyak. Itu membuat harga beras di penggilingan tidak karuan, sehingga ketika sampai di pedagang harganya sudah tinggi," kata Abdullah kepada Media Indonesia, Sabtu (2/9).

Baca juga : Lautan Jadi Peluang Ekonomi Baru bagi ASEAN

Walaupun saat ini harga beras di pasar mengalami kenaikan, Abdullah mengaku stok beras sendiri masih tercukupi dan tidak kekurangan di pasaran.

Namun, ia mengatakan, stok yang ada tersebut hanya sampai 4 bulan ke depan dan untuk mencari stok beras yang ada di penggilingan masih sulit.

Baca juga : Bapanas Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Beras

"Stok saat ini tercukupi di pasaran dan tidak kekurangan. Tapi memang untuk mencari di penggilingan dan untuk sampai 4 bulan ke depan itu relatif membuat kita untuk berpikir keras," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkapkan penyebab terjadinya kenaikan harga beras di pasaran pada saat ini. Salah satunya, disebabkan oleh harga Gabah Kering Panen (GKP) yang melonjak ke angka Rp6.700 per kg sampai Rp7.300 per kg.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, kenaikan harga gabah itu diakibatkan oleh produksi padi yang saat ini tengah menurun akibat cuaca ekstrem El Nino. Sehingga, membuat stok GKP berkurang dan membuat para penggiling padi mengurangi produksi beras mereka karena kesulitan mendapatkan gabah dari petani dan juga karena harga yang tinggi.

"Saat ini para penggiling padi memerlukan stok GKP untuk dijadikan beras. GKP yang saat ini ada, tentunya tidak dapat mencukupi pabrik. Hal itu dikarenakan harga GKP yang beranjak naik akibat produksi padi yang menurun akibat El Nino," kata Arief kepada Media Indonesia, Sabtu (2/9). (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat