visitaaponce.com

Dapat Kontrak Rp5,54 T, PP Selesaikan 10 Proyek IKN hingga 2024

Dapat Kontrak Rp5,54 T, PP Selesaikan 10 Proyek IKN hingga 2024
Pembangunan infrastruktur di kawasan inti pusat pemerintahan IKN Nusantara(Antara/M Risyal Hidayat)

SEKRETARIS Perusahaan PT PP (Persero) Tbk. (PTPP)  Bakhtiyar Efendy mengungkapkan pihaknya mengerjakan 10 proyek pembangunan infrastruktur di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur dengan raihan kontrak Rp5,54 triliun. Semua proyek itu ditargetkan rampung hingga 2024.

Ia menyampaikan dengan adanya pendanaan kontrak tahun jamak (multiyears) dari pemerintah, maka proyek-proyek yang ditangani PP di KIPP IKN tidak bakal terganggu, meski ada tahun politik.

"Dengan adanya kontrak multiyears tersebut, menjamin proyek pembangunan di IKN secure (aman) hingga tahun depan, walaupun ada peralihan presiden," kata Efendy di Jakarta, Selasa (5/9).

Baca juga : OJK Bangun Financial Center di IKN 

Beberapa proyek infrastruktur di IKN sudah dirampungkan PP yakni pembangunan akses jalan KIPP tahap 1 dan 2. Delapan proyek lainnya yang tengah digarap PP ialah pembangunan istana negara dan lapangan upacara di KIPP IKN dengan progres baru mencapai 23%, lalu progres pembangunan kantor presiden di ibu kota baru sebesar 35%, kantor kementerian sekretariat negara (kemensetneg) juga tengah dibangun PP di KIPP IKN dengan progres 20%, kemudian untuk progres pengerjaan jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat KIPP mencapai 51,96%.

PP juga tengah mengerjakan jalan tol IKN segmen 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung dengan progres 34,4% dan pembangunan dermaga logistik yang progresnya sudah mencapai 87%. 

Baca juga : Ekonom Apresiasi Kerja Keras Menteri Bahlil di IKN

Dua proyek lainnya yakni akses jalan masjid IKN dan rumah susun (rusun) aparatur sipil negara (ASN) di ibu kota baru tengah tahapan persiapan pembangunan.

"Proyek yang paling besar itu istana presiden, kantor presiden, jalan tol, kantor sekretariat negara dan rusun IKN. Untuk istana kami konsisten mengerjakan dalam menyambut upacara 17 Agustus di tahun depan," jelas Efendy.

Ia menambahkan pihaknya juga membangun sembilan tower rusun ASN di IKN. PP melakukan joint operation (JO) atau kerja sama operasi dengan anak usahanya yakni PP Urban dan Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) untuk menyelesaikan proyek senilai Rp1,7 triliun tersebut. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat