visitaaponce.com

Investasi Obligasi Vs Emas Minim Risiko. Mana yang Lebih Cuan

Investasi Obligasi Vs Emas Minim Risiko. Mana yang Lebih Cuan?
Logam mulia emas batangan.(Antara)

EMAS dan obligasi dikenal sebagai jenis investasi yang minim resiko. Tidak heran jika dua tipe investasi ini sangat direkomendasikan bagi investor pemula.

Namun, tentunya baik investasi Emas maupun obligasi memiliki perbedaan yang bisa dijadikan sebagai perbandingan untuk menentukan pilihan Anda dalam berinvestasi.

Berikut adalah perbedaan yang dimiliki investasi obligasi dan Emas seperti dikutip dari laman logammulia, Rabu (6/9).

Baca juga : 3 Mitos vs Fakta Investasi Emas

1. Imbal Hasil

Imbal hasil merupakan hasil return yang diperoleh dari sebuah jenis investasi. Dalam hal ini, return yang ditawarkan oleh obligasi memang jauh lebih stabil dibandingkan dengan nilai Emas.

Walaupun nilai Emas mengalami peningkatan, namun hal tersebut membutuhkan waktu. Anda perlu menunggu setidaknya 5-10 tahun untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Sedangkan, jumlah imbal hasil dari obligasi bersifat tetap.

Baca juga : Mengenal Investasi, Pengertian, Jenis, Contoh, dan Tips Aman

 

2. Resiko

Obligasi dan Emas memiliki skala resiko yang lebih kecil dibandingkan jenis investasi lainnya, seperti investasi saham. Namun, keduanya memiliki nilai yang dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Nilai obligasi dipengaruhi oleh nilai suku bunga. Sedangkan, nilai Emas dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor inflasi, faktor supply and demand, dan kebijakan yang dikeluarkan The Fed.

Dalam kondisi resesi, investasi Emas jauh lebih menguntungkan. Karena, saat masa krisis ekonomi, nilai suku bunga cenderung naik. Sehingga, mengakibatkan nilai obligasi menurun. Sebaliknya, dalam kondisi sulit nilai Emas justru cenderung meningkat.

 

3. Likuiditas

Dibandingkan obligasi, Emas memiliki tingkat likuiditas yang lebih tinggi. Artinya, Anda bisa menjual Emas dengan sangat mudah seandainya membutuhkan dana darurat. Apabila Anda memiliki perhiasan Emas, maka bisa menjual perhiasan tersebut ke toko Emas.

Begitu Pula, jika Anda ingin menjual Emas ANTAM LM maka bisa melakukan buyback di BELM terdekat maupun di toko Emas. Selain itu, jangan lupa untuk memantau perkembangan harga Emas terbaru terlebih dulu.

Untuk obligasi, Anda tidak bisa melakukan penjualan obligasi sesukanya. Terdapat tenggat waktu yang harus terpenuhi apabila ingin menjual surat utang tersebut. Terdapat juga opsi menjual surat obligasi di pasar sekunder. Namun, tidak menjadi jaminan akan adanya peminat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai obligasi dan perbandingannya dengan investasi Emas. Dalam memilih antara keduanya, pastikan untuk menyesuaikan dengan kondisi perekonomian negara saat ini.

Oh ya, dalam kondisi resesi ekonomi, investasi Emas menjadi pilihan yang ideal loh. Terutama, bagi Anda yang ingin memulai investasi dengan dana minim. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat