visitaaponce.com

Penyelenggaraan KTT ASEAN Diyakini Berdampak Positif bagi Ekonomi Jakarta

Penyelenggaraan KTT ASEAN Diyakini Berdampak Positif bagi Ekonomi Jakarta
Presiden Joko Widodo saat membuka KTT ASEAN ke-4(Antara/Akbar Nugroho Gumay)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta akan berdampak positif bagi perekonomian Ibu Kota. Dia meyakini dampak itu akan dirasakan pula oleh sektor kepariwisataan dan kreatif di sekitar Jakarta.

Hal itu ia ungkapkan saat mengunjungi media center di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Rabu (6/9).

"ASEAN ini akan memiliki dampak yang sama (dengan KTT G-20) walaupun dari jumlah negara-negara yang bergabung di ASEAN itu lebih sedikit. Tapi negara-negara mitra dialog seperti Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, India, juga Amerika, Kanada, hadir di sini tentunya dengan delegasinya sendiri, dan ini sedang kita hitung dengan baik," ujar Sandiaga.

Baca juga : Menparekraf Dukung Pelaksanaan Pekan Ekonomi Kreatif ASEAN di Jakarta

Meski diperkirakan tak akan menembus hingga US$500 juta seperti KTT G-20, dia meyakini dampak perekonomian terhadap wilayah terkait akan terasa. Salah satu yang paling mencolok ialah tingkat okupansi hotel di sekitaran Senayan yang terisi penuh selama penyelenggaraan KTT.

Tingkat keterisian kamar hotel yang membludak di jantung Jakarta itu diyakini memiliki dampak berganda ke sektor-sektor terkait di bawahnya. Selain di Jakarta, lanjut Sandiaga, sejumlah delegasi dari negara anggota ASEAN dan tamu undangan juga berencana memperpanjang masa tinggal di Indonesia.

Baca juga : Bertemu Kamala Harris, Jokowi Bahas Soal Perekonomian Ramah Lingkungan

"Ada yang memperpanjang (kunjungan) ke Bali, ada juga yang ke Labuan Bajo. Kemarin saya berbicara sama profesor Klaus Schwab dari World Economic Forum, dia berencana akan ke Labuan Bajo," tutur Sandiaga.

"Jadi ini harapannya memang begitu, mereka tidak hanya ke Jakarta tapi juga memperpanjang kunjungannya dengan mendatangi destinasi-destinasi wisata lainnya," tambah dia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat