visitaaponce.com

PT KAI Siapkan Angkutan Feeder, Dukung Kereta Cepat Jakarta Bandung

PT KAI Siapkan Angkutan Feeder, Dukung Kereta Cepat Jakarta Bandung
Angkutan Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung(MI/Sugeng Sumariyadi)

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung memberikan dukungan pada rencana pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Salah satunya menyediakan angkutan feeder yang melayani rute Bandung-Cimahi-Padalarang.

"KA Feeder disiapkan untuk mengangkut penumpang kereta cepat dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung atau sebaliknya. Waktu tempuhnya hanya 19 menit," ungkap Executive President PT KAI Daop 2 Bandung, Takdir Santoso, Rabu (13/9).

Pihaknya menyediakan 72 perjalanan KA feeder setiap hari, terdiri dari 36 perjalanan pulang pergi dari Padalarang-Bandung dengan waktu tunggu antar kereta api 25 menit sekali.

Baca juga : Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Erick: Nyaman, Anti Macet

Sarana KA Feeder akan menggunakan jenis kereta rel diesel elektrik (KRDE) yang diproduksi PT INKA. Saat ini sudah siap sebanyak lima rangkaian KRDE, dengan setiap rangkaiannya terdiri dari empat kereta.

Dalam satu rangkaian, KA Feeder KCJB berkapasitas 200 penumpang. Guna menambah kenyamanan pelanggan, KA Feeder KCJB juga dilengkapi dengan fasilitas rak bagasi dan toilet.

Baca juga : Pengoperasian Kereta Cepat Oleh Tiongkok Dinilai Hal Wajar

"Masyarakat dapat memanfaatkan layanan KA Feeder ini dengan jadwal yang disesuaikan dengan perjalanan KCJB," tambah Takdir.

Untuk prasarana KA Feeder KCJB, saat ini pembangunan fisik ruang tunggu khusus di Stasiun Bandung dan Cimahi telah selesai 100%. Sementara di Stasiun Padalarang masih dalam proses penyelesaian tahap akhir.

KAI bersama KCIC saat ini sedang menyiapkan fasilitas dan standar pelayanan minimum untuk park and ride dan ruang tunggu KA Feeder KCJB.

Sebelum beroperasi, KA Feeder ini telah melakukan serangkaian uji coba dengan berbagai skenario guna memastikan waktu tempuh lintas Bandung-Padalarang, pengenalan lintas, ruang bebas, tenaga di tanjakan, dan pengereman berjalan dengan lancar. 

Hal tersebut bertujuan untuk menyempurnakan operasional KA feeder, sehingga dapat meminimalkan gangguan yang terjadi di lapangan.

Dalam waktu dekat ini KAI bersama KCIC akan melakukan trial operasi KA Feeder dan kereta cepat. Daop 2 Bandung menyiapkan 8 perjalanan KA Feeder untuk mengakomodir masyarakat yang ingin mencoba menggunakan sarana ini untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan menggunakan kereta cepat. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat