visitaaponce.com

Presiden Industri Mebel Lokal Harus Cari Mitra dari Luar Negeri

Presiden: Industri Mebel Lokal Harus Cari Mitra dari Luar Negeri
Presiden Jokowi membuka IFFINA 2023 Indonesia Meubel and Design Expo di Tangerang, Banten, Kamis.(Youtube Setpres)

Presiden Joko Widodo meminta industri mebel lokal mencari mitra dari luar negeri untuk memperkuat sisi produksi dan pemasaran. Jokowi mengungkapkan saat ini industri mebel Indonesia hanya berada di peringkat 17 dunia dengan pendapatan US$2,8 miliar per tahun.

Angka itu sangat kecil dari total potensi pasar furnitur global yang mencapai US$766 miliar.

"Sekarang kok bisa nomor 17? Ada sesuatu yang memang harus kita benarkan. Menurut saya karena kita tidak mau berpartner. Negara lain saling berpartner," ujar Jokowi saat membuka IFFINA 2023 Indonesia Meubel and Design Expo di Tangerang, Banten, Kamis.

Baca juga: Presiden Dorong Kementerian/Lembaga dan Pemda Belanja Mebel Lokal

Jokowi yang juga pernah menjadi pengusaha mebel mengatakan, pada 1990-an, produk mebel Tanah Air selalu merajai pameran-pameran di luar negeri seperti Italia, Jerman, dan Prancis. Namun saat ini, peringkat industri mebel Indonesia kalah dibandingkan Vietnam yang menempati peringkat dua, dan Malaysia yang berada urutan 12.

"Padahal kita sumber dayanya, bahan bakunya, SDM-nya, kita sebetulnya sangat siap," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Baca juga: Jajal KCJB, Presiden: Tidak Terasa Sama Sekali

Indonesia, kata Jokowi, memiliki keunggulan di industri mebel, baik dari bahan baku, sumber daya manusia, dan juga kekayaan seni dan budaya. Oleh karena itu, sudah semestinya potensi itu dimanfaatkan secara maksimal.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga mengaku sangat antusias menghadiri pameran mebel IFFINA 2023 ini. Dia mengaku sengaja tidur di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (13/9) malam, ketimbang di Istana Kepresidenan Bogor, supaya lebih dekat dengan lokasi pameran di Tangerang, Banten.

"Ibu Jokowi di Bogor, saya di Jakarta demi Asmindo (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) karena terasa pulang kampung gitu kalo sudah masuk ke acara-acara Asmindo," ucapnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat