visitaaponce.com

Bank Sentral Tiongkok Pangkas Rasio Cadangan Perbankan

Bank Sentral Tiongkok Pangkas Rasio Cadangan Perbankan
Lulusan universitas menghadiri bursa kerja di Wuhan, Provinsi Hubei, tengah Tiongkok, pada 10 Agustus 2023.(AFP.)

BANK sentral Tiongkok mengatakan pada Kamis (14/9/2023) bahwa pihaknya akan memangkas rasio acuan jumlah uang tunai yang harus disimpan bank sebagai cadangan untuk mengonsolidasikan fondasi pemulihan ekonomi. Rasio cadangan wajib (RRR) akan dipangkas sebesar 0,25% menjadi sekitar 7,4% mulai Jumat (15/9/2023). 

Itu dikatakan Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) dalam satu pernyataan. Ini merupakan ketiga kali bank sentral memangkas rasio dalam beberapa minggu terakhir seiring dengan perekonomian Tiongkok yang terus mengalami kesulitan setelah berakhirnya kebijakan isolasi nol covid-19 pada akhir tahun lalu.

Baca juga: Saham BP Turun setelah CEO Berhenti karena Hubungan Pribadi

"Saat ini operasi ekonomi Tiongkok mempertahankan pemulihannya dan ekspektasi sosial terus meningkat," kata bank sentral. Pemotongan tersebut tidak termasuk bank-bank yang telah menerapkan RRR sebesar lima persen.

"Penurunan rasio itu akan mengonsolidasikan fondasi pemulihan ekonomi dan menjaga likuiditas yang wajar dan memadai," tambahnya. "Kami akan menerapkan kebijakan moneter yang hati-hati secara akurat dan efektif dan mendorong perekonomian untuk mencapai perbaikan kualitatif yang efektif dan pertumbuhan kuantitatif yang wajar."

Baca juga: Merek Alas Kaki Jerman Birkenstock Ajukan IPO di AS

Hal ini terjadi menjelang perkiraan publikasi angka-angka ekonomi utama pada Jumat. Ini diperkirakan para analis akan menunjukkan sedikit peningkatan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat