visitaaponce.com

Merek Alas Kaki Jerman Birkenstock Ajukan IPO di AS

Merek Alas Kaki Jerman Birkenstock Ajukan IPO di AS
Sandal dari pembuat sandal dan sepatu Jerman Birkenstock digambarkan di etalase toko perusahaan tersebut di Berlin pada 26 Februari 2021.(AFP/John Macdougall.)

MEREK alas kaki Jerman, Birkenstock, pada Selasa (13/9/2023) mengajukan penawaran umum perdana di Amerika Serikat berencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek New York. Persyaratan yang diusulkan untuk penjualan sahamnya belum diungkapkan. 

Namun laporan berita sebelumnya mengatakan bahwa IPO dapat memberi nilai lebih dari US$8 miliar kepada pembuat sandal tersebut. IPO menandai tonggak sejarah baru bagi merek tersebut, setelah keluarga Birkenstock mendatangkan tim manajemen eksternal pertamanya lebih dari satu dekade lalu.

Merek tersebut, yang didirikan pada 1774 untuk membuat sepatu ortopedi, menerima dorongan Hollywood baru-baru ini ketika aktris Margot Robbie mengenakan sepasang Birkenstock merah muda dalam peran utama film hit Barbie. Pada 1897, Konrad Birkenstock membuat sol fleksibel pertama yang sesuai dengan kontur kaki dan sandal tersebut mulai beredar di Amerika Serikat pada 1960-an.

Baca juga: Pemilik Zara, Inditex Catat Rekor Laba Semester Pertama

Mereka diadopsi oleh kaum hippie yang menyukai kenyamanan tanpa embel-embel dan melihat penampilan utilitarian mereka sebagai tanda kehormatan antimode. 

Pada 2021, perusahaan ekuitas swasta L Catterton dan dana induk keluarga raja merek mewah Prancis Bernard Arnault mengakuisisi saham mayoritas di Birkenstock yang berbasis di Linz am Rhein di Jerman bagian barat.

Baca juga: Uni Eropa akan Selidiki Subsidi Mobil Listrik Tiongkok

Para analis memperkirakan harga penjualan tersebut sekitar empat miliar euro (US$4,4 miliar). 

Perusahaan telah meluncurkan kolaborasi dengan merek seperti Dior dan Manolo Blahnik. Pada tahun fiskal 2022 pendapatannya tumbuh sekitar 1,2 miliar euro, menurut pengajuan IPO pada Selasa.

Dua anggota keluarga Birkenstock memiliki saham minoritas. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat