visitaaponce.com

Miliki Nilai Ekonomis Tinggi, Lobster Laut Jadi Incaran di Pasar Global

Miliki Nilai Ekonomis Tinggi, Lobster Laut Jadi Incaran di Pasar Global
Lobster(DOK Aruna )

KOMODITAS lobster laut dalam industri perikanan dinilai sangat signifikan. Pasalnya, salah satu hasil laut itu memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan sangat dicari di pasar global.

"Sejak awal tahun, perlahan permintaan lobster terus naik. Adapun, jenisnya meliputi lobster mutiara, pasir, batik, dan yang lain. Benua Asia masih memimpin dengan jumlah permintaan tertinggi," jelas Utari Octavianty, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna dalam keterangan yang diterima, Jumat (15/9).

Dikatakan Utari, ciri-ciri lobster laut yang berkualitas adalah warna cangkangnya cerah dan ukurannya besar. Namun, karena proses pertumbuhan yang lambat, butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan lobster laut dewasa yang siap untuk dikonsumsi. Karena itu, jelasnya, membuat harga jual lobster laut relatif mahal.

"Lobster laut adalah hewan unik dengan karakteristik dan siklus hidup yang menarik. Mereka bukan hanya menjadi daya tarik di dunia kuliner, tetapi juga mewakili sumber daya laut yang menakjubkan," ungkapnya.

Dikatakan, lobster laut memiliki umur yang panjang. Bahkan lobster Amerika Utara (Homarus americanus) dan Lobster Eropa (Homarus gammarus) bisa berumur hingga 100 tahun. "Pertumbuhan lobster laut terbagi menjadi empat fase. Dimulai dari fase larva (nauplisoma dan filosoma), fase postlarva (puerulus), fase lobster muda (juvenile), dan yang terakhir adalah fase lobster dewasa," jelasnya.

Lobster laut, ujarnya, juga memiliki kemampuan untuk berganti kulit (moulting). Proses ini memungkinkan lobster laut untuk terus tumbuh sepanjang hidup mereka, meskipun dengan laju pertumbuhan yang semakin lambat seiring bertambahnya usia.

Lebih jauh, Utari mengatakan, Aruna menyediakan produk seafood berkualitas, termasuk lobster laut, untuk retailer Indonesia, khususnya yang berlokasi di Jabodetabek. Untuk memenuhi permintaan retail, Aruna secara khusus mengambil lobster dari Aruna Hub yang berlokasi di Ujung Genteng, Jawa Barat. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat