visitaaponce.com

Dirut Pindad Rencana Pemindahan Pindad Harus Sangat Matang

Dirut Pindad: Rencana Pemindahan Pindad Harus Sangat Matang
Petugas menjajal senjata produksi PT Pindad.(MI)

PT Pindad terus melakukan pematangan berbagai aspek untuk finalisasi pemindahan markas perusahaan pertahanan itu dari Bandung ke Kabupaten Subang, Jawa Barat. Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengakui proses tersebut tidak akan berjalan singkat. Bahkan, ia memprediksi pemindahan bisa memakan waktu bertahun-tahun.

"Kami terus matangkan persiapan. Kalau kita bicara pindah itu kan ada tahapannya. Mungkin sekitar empat atau lima tahun ke depan baru beres semua," ujar Abraham di Kantor PT Pindad, Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/9).

Ia menjelaskan bahwa rumitnya proses perpindahan terjadi karena Pindad adalah perusahaan yang bergerak di industri pertahanan, termasuk persenjataan. Oleh karena itu, semua aspek, terutama lingkungan dan keamanan harus betul-betul siap 100%.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Dukung Industri Pertahanan Terus Meningkatkan Diri

"Kalau kita pindah, buffer zone itu kita harus perhitungkan. Itu kan terkait dengan bahan peledak," jelasnya.

Terkait dengan titik di Kabupaten Subang yang akan dijadikan markas baru, Abraham membeberkan mereka akan menempati lahan milik Kementerian BUMN. Perseroan juga juga sudah menerjunkan tim untuk meninjau sejumlah kawasan yang dipertimbangkan menjadi lokasi pabrik senjata.

Baca juga: Jabat Wakil Komisaris Utama, Wakapolri Diyakini Mampu Bawa Kemajuan di PT Pindad

"Kami lagi cari lokasi, ada tanah yang di Subang, tanah-tanah Kementerian BUMN, nanti kami akan deal. Kami sudah survei lapangan awal, tetapi ada beberapa alternatif. Mungkin saja juga di tempat lain," imbuhnya.

Sebelumnya, isu pemindahan Pindad disampaikan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, langkah itu perlu dilakukan untuk membuat perseroan berkembang lebih pesat ke depan.

"Yang jelas kita akan geser Pindad yang ada di Bandung untuk dipindahkan secara bertahap. Dipindahkan ke kawasan industri di Subang yang dimiliki oleh Kementerian BUMN, sehingga betul-betul memiliki sebuah lahan yang luas untuk pengembangan Pindad, karena memiliki prospek yang sangat baik," ucap Jokowi.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat