visitaaponce.com

The Fed Dinilai akan Hentikan Penaikan Suku Bunga

The Fed Dinilai akan Hentikan Penaikan Suku Bunga
Gedung Kantor Federal Reserve pada 21 Maret 2023 di Washington, DC.(AFP/Kevin Dietsch.)

PARA analis memperkirakan Federal Reserve Amerika Serikat (AS) akan menghentikan penaikan suku bunga pada Rabu (20/9/2023) karena bank sentral berupaya mengendalikan inflasi sambil menghindari resesi. Padahal inflasi baru-baru ini dipicu kenaikan harga konsumen akibat energi.

Setelah 11 kali penaikan suku bunga sejak Maret tahun lalu, inflasi telah turun tajam. Namun angkanya masih tetap berada di atas target jangka panjang The Fed sebesar dua persen per tahun sehingga memberikan tekanan pada para pejabat untuk mempertimbangkan tindakan kebijakan lebih lanjut.

Meskipun sedikit meningkat karena kenaikan biaya energi, inflasi masih jauh di bawah puncak tahun lalu, pertumbuhan ekonomi tetap kuat, dan tingkat pengangguran mendekati rekor terendah. Ini meningkatkan harapan The Fed dapat memperlambat kenaikan harga tanpa memicu penurunan.

Baca juga: ADB Ingatkan Risiko Meningkat bagi Negara Berkembang Asia

Keputusan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan suku bunga akan dipublikasikan pada pukul 14.00 waktu setempat bersama dengan perkiraan ekonomi terkini. Keputusan suku bunga The Fed akan diikuti setengah jam kemudian dengan konferensi pers dengan Ketua Fed Jerome Powell yang akan diawasi dengan ketat untuk mendapatkan petunjuk mengenai jalur keputusan suku bunga di masa depan.

"Kami mengharapkan FOMC untuk mempertahankan kisaran target suku bunga dana federal tidak berubah," tulis ekonom Wells Fargo dalam catatannya baru-baru ini kepada kliennya. "Sebagian besar pelaku pasar," memperkirakan The Fed akan mempertahankan suku bunga tetap stabil.

Menanti dengan ketat 

Hal ini akan membuat suku bunga pinjaman utama The Fed berada pada kisaran saat ini antara 5,25% dan 5,50%. Ini level tertinggi dalam 22 tahun.

Baca juga: Instacart Tetapkan Harga IPO US$30 per Saham

Para trader saat ini melihat 99% kemungkinan bahwa The Fed akan menunda kenaikan suku bunga pada Rabu. Sekitar 70% kemungkinan akan melakukan hal yang sama pada pertemuan FOMC berikutnya di November, menurut data dari CME Group.

Para pengambil kebijakan di FOMC berupaya mempertahankan negara tersebut pada sesuatu yang disebut Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee sebagai jalur emas yaitu memperlambat inflasi sekaligus mencegah lonjakan pengangguran dan perlambatan ekonomi besar-besaran. "Jika Anda melihat ekspektasi pasar, terdapat peningkatan keyakinan bahwa kami dapat mewujudkannya," katanya dalam wawancara baru-baru ini yang disiarkan di NPR.

Namun Goolsbee menambahkan bahwa The Fed harus tetap memperhatikan data. Ini sejalan dengan Powell yang telah berjanji untuk mengikuti jalur yang bergantung pada data di masa depan.

Analis di Goldman Sachs baru-baru ini memangkas ekspektasi mereka terhadap resesi di Amerika Serikat dari 20% menjadi 15%. Ekonom lain--termasuk mereka yang berada di tim peneliti The Fed--mengatakan mereka tidak lagi memperkirakan ekonomi AS akan berkontraksi tahun ini.

Revisi pertumbuhan 

Bersamaan dengan keputusan suku bunganya, The Fed juga akan mempublikasikan perkiraan terbaru untuk berbagai indikator ekonomi, mulai dari inflasi hingga pertumbuhan, serta seperti ekspektasi anggota FOMC terhadap kebijakan suku bunga di masa depan. 

Para analis akan menganalisis perkiraan ini dengan cermat untuk mencari tanda-tanda pembuat kebijakan terus memberikan sinyal bahwa mereka memperkirakan suku bunga akan naik lebih tinggi dari tingkat saat ini--seperti yang terjadi pada Juni--atau tidak dan jangka waktu menurut mereka suku bunga harus tetap tinggi agar inflasi kembali turun ke tingkat target.

Mereka juga memperkirakan The Fed menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonominya secara signifikan untuk 2023 dari pembaruan terakhirnya pada Juni karena output ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan.

"SEP kemungkinan akan mengalami revisi yang berarti, khususnya pada 2023," tulis ekonom Deutsche Bank dalam catatan investor baru-baru ini. Ia menambahkan bahwa mereka memperkirakan perkiraan pertumbuhan tahun ini akan berlipat ganda dari satu persen menjadi dua persen.

"Proyeksi pertumbuhan PDB The Fed kemungkinan direvisi lebih tinggi dan perkiraan tingkat pengangguran direvisi lebih rendah dalam waktu dekat. Ini untuk mencerminkan ketahanan perekonomian sejak pertemuan Juli," ujar Kepala Ekonom Oxford Economics AS Michael Pearce dalam catatannya baru-baru ini kepada klien. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat