visitaaponce.com

Antusiasme Tinggi, KCIC Berlakukan Tarif Gratis Whoosh Hingga Pertengahan Oktober

Antusiasme Tinggi, KCIC Berlakukan Tarif Gratis Whoosh Hingga Pertengahan Oktober
Kereta Cepat Whoosh(AFP/Yasuyoshi Chiba)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan memberikan tarif gratis bagi masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat Whoosh mulai Selasa (3/10), hingga pertengahan Oktober 2023.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pemberian tarif gratis ini dikarenakan antusias masyarakat yang sangat tinggi pada saat uji coba beberapa waktu lalu. Sehingga hal tersebut membuat pihaknya kembali memberikan tarif gratis bagi masyarakat hingga pertengahan Oktober 2023.

"Kita melihat antusias masyarakat pada saat uji coba gratis kemarin yang sangat tinggi, sehingga kita mengadakan program Whoosh experience kembali agar lebih banyak masyarakat yang berkesempatan lebih mengenal dan merasakan naik kereta cepat," kata Eva kepada Media Indonesia, Senin (2/10).

Baca juga : Jadi Upaya Promosi, Tiket Gratis KCJB tak Pengaruhi ROI

Eva mengatakan, pemberian tarif gratis ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman serta pengenalan bagi masyarakat untuk lebih mengetahui integrasi antarmoda yang telah disiapkan jika ingin menggunakan kereta cepat.

"Ini agar masyarakat lebih memahami dan mengenal integrasi antarmoda yang sudah disiapkan, seperti Transjakarta dan LRT Jabodebek di Stasiun Halim, KA feeder di Padalarang, dan Damri serta shuttle Sumareccon di Tegalluar," ujar Eva.

Baca juga : Jokowi Resmikan Kereta Cepat WHOOSH, Gus Imin: Selamat, Moga Manfaat

Lebih lanjut, Eva mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mencoba Kereta Cepat Whoosh secara gratis bisa memilih relasi perjalanan yang dituju meliputi Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, Stasiun Tegalluar.

Eva juga mengungkapkan, perjalanan Kereta Cepat Whoosh akan dijadwalkan delapan perjalanan per hari. Rinciannya empat perjalanan dari Stasiun Halim dan empat lainnya dari Stasiun Tegalluar.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) gratis hingga pertengahan Oktober 2023.

Hal itu disampaikan Luhut pada saat peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10).

"Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis KCJB, maka kami bersepakat hingga pertengahan Oktober, Bapak Presiden, pengoperasian kereta api cepat Jakarta Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis," ujar Luhut.

Luhut menjelaskan selama tiga minggu sejak dibukanya uji coba gratis bagi publik, pihaknya melihat antusiasme dari masyarakat yang luar biasa. Uji coba juga berjalan dengan aman dan nyaman berkat keandalan sistem yang telah teruji.

Ia mengakui sejak mendapat penugasan untuk melanjutkan pembangunan proyek kereta api cepat pada akhir 2019, pihaknya menemukan banyak masalah dan kendala. Permasalahan itu mulai dari pembebasan lahan yang belum terkoordinasi dengan baik hingga kesulitan pendanaan saat Covid-19.

"Presiden tentu tidak heran banyak pihak yang pesimis proyek ini akan bisa diselesaikan tapi saya ingin melaporkan presiden, Bapak (Jokowi) memberikan semangat kepada kami untuk menyelesaikan kereta api ini," ujarnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat