visitaaponce.com

Digitalisasi UMKM Harus Dibarengi Literasi Keuangan

Digitalisasi UMKM Harus Dibarengi Literasi Keuangan
Warga memindai QRIS dengan gawainya untuk pembayaran di sebuah gerai minuman kemasan di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (2/10).(ANTARA/BASRI MARZUKI)

WAKIL Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) menyoroti target digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Target itu harus dibarengi dengan literasi keuangan pelaku usahanya.

"Optimisme dalam mencapai suatu target memang sangat penting. Namun lebih penting lagi mempersiapkan para pelaku UMKM dalam menyikapi perubahan sistem," kata Rerie, Selasa (10/10).

Rerie mengatakan perkembangan ekosistem digital sangat cepat. Kemudian sarat tantangan dalam menjalankan bisnis.

"Kesiapan teknis para pelaku UMKM dalam memasuki ekosistem digital harus dipersiapkan dengan baik," tegas politikus Partai NasDem itu.

Baca juga: 100 Pelaku UMKM Ikuti Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan

Rerie menyebut sistem digital memang membawa aneka manfaat. Salah satunya ialah mekanisme pembiayaan dan transaksi yang merupakan bagian penting dari proses produksi para pelaku UMKM.

"Selain mempermudah proses pembayaran dan pembiayaan, digitalisasi UMKM juga sangat penting untuk mendukung proses pemasaran," jelas dia.

Rerie mengingatkan adaptasi dari sistem konvensional ke sistem digital harus diperhatikan dengan serius. Supaya proses transformasinya dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Baca juga: DPR Soroti Syarat Agunan Ajukan KUR yang Beratkan Pelaku UMKM

"Jangan sampai target jumlah UMKM yang masuk ekosistem digital tercapai, tetapi pemahaman para pelaku usaha terhadap sistem digital yang dijalankannya masih kurang," ucap dia.

Sebelumnya, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kementerian Koperasi dan UKM optimistis target 24 juta UMKM masuk ekosistem digital pada 2023. Mereka juga yakin 30 juta UMKM masuk ekosistem digital pada 2024. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat