visitaaponce.com

Sektor Ekraf Sumbang Rp1.300 T ke PDB Nasional

Sektor Ekraf Sumbang Rp1.300 T ke PDB Nasional
Pengunjung mengamati baju yang dijual dalam Pertamina SMEXPO 2022 di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (30/11/2022).(ANTARA/M RISYAL HIDAYAT)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan sektor ekonomi kreatif berhasil menyumbangkan Rp1.300 triliun kepadaproduk domestik bruto (PDB) Indonesia.

"Mudah-mudahan ini (Hari Ekonomi Kreatif Nasional) bisa menginspirasi agar ekonomi kreatif kita terus meningkat dari segi persentase terhadap PDB ekonomi Indonesia yang tahun ini tumbuh dengan kuat, melampaui angka Rp1.300 triliun dan lebih dari 22 juta lapangan kerja yang telah diciptakan," ujar Sandiaga dalam selebrasi Hekrafnas 2023 di Jakarta, Selasa (24/10), seperti dilansir dari Antara.

Sandiaga juga mengklaim Indonesia menempati posisi ketiga sebagai negara dengan ekonomi kreatif terbaik di dunia setelah Korea Selatan pada posisi pertama dan Amerika Serikat di puncak peringkat.

Baca juga: Kemenparekraf Bantu Pelaku Ekonomi Kreatif Palangkaraya untuk Tumbuh

Adapun terdapat tiga subsektor menonjol yang dimiliki Indonesia yakni subsektor kuliner, kriya, dan fesyen.

Masing-masing subsektor, lanjut dia, kuliner menyumbangkan kontribusi pada PDB sebesar 43 persen, fesyen 17 persen, dan dari kriya 15 persen.

"Jadi total sudah mencapai hampir 75 persen. Dan 25 persen ini adalah 14 subsektor lainnya yang bertumbuh di atas rata-rata yang membawa Indonesia secara persentase nomor tiga terbesar di dunia," tambahnya.

Baca juga:  Terus Tingkatkan Peran UMKM dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Guna mendorong ekraf dalam negeri semakin meroket, diungkapkannya, dirinya memiliki sejumlah program yang berfokus pada pelatihan pendampingan, pemasaran dan bantuan permodalan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kawendra Lukistian menuturkan, dengan ditetapkannya Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) pada 24 Oktober 2023 mampu mempersatukan potensi besar yang ada sehingga turut berkontribusi pada perekonomian nasional.

"Sebagai salah satu pelaku ekonomi kreatif yang juga mewakili gerbong ekonomi kreatif, ini bahagia sekali kita punya lebaran pelaku ekonomi kreatif terima kasih Mas Menteri," tutupnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat