visitaaponce.com

Presiden Janjikan Bandara IKN Bisa Beroperasi Juni 2024

Presiden Janjikan Bandara IKN Bisa Beroperasi Juni 2024
Ilustrasi pembangunan infrastruktur di IKN(Antara)

Presiden Joko Widodo menjanjikan Bandar Udara (Bandara) Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan diresmikan pada Desember 2024. Namun, sebelum diresmikan, ketika sejumlah infrastruktur utama sudah selesai dibangun, bandara tersebut sudah bisa dipakai.

"Bandara ini sudah bisa dipakai pada Juni 2024," ujar presiden saat melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan Bandara IKN, Rabu (1/11).

Jokowi mengatakan keberadaan bandara IKN sangat penting untuk menopang padatnya kegiatan di ibu kota baru, termasuk mobilitas orang dan juga barang dari jalur udara menuju ke IKN. Ia menegaskan bahwa bandara IKN merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN.

Baca juga: Pembangunan IKN, Ada 10 dari 82 Paket Telah Dikerjakan

Bandara IKN memiliki luas 347 hektare dengan runaway 3.000 x 45 meter sehingga dapat melayani pesawat berbadan lebar (wide body). Bandara IKN juga akan dilengkapi dengan terminal seluas 7.350 meter persegi.

"Bandara ini akan membuat kawasan IKN makin terbuka, konektivitas makin baik dan juga makin mudah dijangkau dari manapun," ucap Jokowi.

Baca juga: Otorita IKN Gandeng Tony Blair Institute Bangun Pusat Riset

Ia berharap bandara IKN dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang dalam proses.

Selain menghadiri groundbreaking Bandara IKN, presiden juga dijadwalkan akan melakukan grounbreaking untuk infrastruktur penunjang lain seperti rumah sakit dan sekolah. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat