visitaaponce.com

ASDP Imbau Pengguna Kapal Penyeberangan Waspadai Cuaca Ekstrem

ASDP Imbau Pengguna Kapal Penyeberangan Waspadai Cuaca Ekstrem
Ilustrasi kapal penyeberangan(Antara)

PT ASDP Indonesia Ferry mengimbau pengguna jasa kapal penyeberangan atau feri mewaspadai potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengungkapkan, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan kemungkinan terjadi pada periode Oktober-Desember 2023 dengan puncaknya akan terjadi pada Januari-Februari 2024.

"Saat musim pancaroba terjadi potensi cuaca ekstrem. Ini tentu berdampak pada pelayanan kapal penyeberangan. Oleh karena itu, kami mengingatkan kepada pengguna jasa agar tetap waspada," ujar Shelvy melalui keterangan resmi, Rabu (8/11).

Baca juga: ASDP Dukung Pengembangan Pariwisata di Kepulauan Selayar

Manajemen ASDP pun telah mempersiapkan sejumlah langkah antisipasi dalam setiap pelayanan penyeberangan. Itu diterapkan pada 34 pelabuhan di seluruh Indonesia.

Upaya antisipatif itu mencakup koordinasi dengan stakeholder terkait seperti dengan BMKG, aparat kepolisian/TNI, dan otoritas pelabuhan sebelum kapal feri melakukan pelayaran untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Pengguna Kapal Feri Diminta Beli Tiket via Ferizy

"Kami juga memastikan kelengkapan alat-alat keselamatan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan yang berhubungan dengan aspek keselamatan," kata Shelvy.

ASDP juga akan aktif menyampaikan informasi kepada pengguna jasa jika terdapat keterlambatan pelayanan yang timbul dikarenakan cuaca ekstrem.

Shelvy kemudian meminta pengguna jasa juga mempersiapkan dengan matang setiap perjalanan yang dilakukan. Pastikan membeli tiket feri secara mandiri, dan beli sejak jauh-jauh hari. Tiket tersebut dapat dibeli H-60 keberangkatan secara daring.

"Pastikan juga sudah bertiket H-1, dan hindari beli tiket ketika sudah tiba di pelabuhan,” ujarnya.

Shelvy menambahkan hingga semester I 2023, ASDP telah melayani 23,1 juta penumpang, 4,8 juta kendaraan, dan 867.856 ton barang. Diperkirakan jumlah ini akan kembali meningkat menyusul adanya layanan angkutan periode Libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 karena banyak masyarakat diperkirakan akan melakukan perjalanan liburan menuju destinasi pariwisata favorit pada akhir tahun ini. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat