visitaaponce.com

Bank Indonesia Proyeksikan Inflasi 2024 Capai 3,20

Bank Indonesia Proyeksikan Inflasi 2024 Capai 3,20%
Ilustrasi(Antara)

BANK Indonesia memperkirakan tingkat inflasi umum secara tahunan di 2024 akan mencapai 3,20%. Angka tersebut meningkat dibanding inflasi tahun ini yang diproyeksikan di angka 2,84%.

"Kami perkirakan tahun depan juga masih akan terkendali meskipun agak sedikit meningkat karena memang harga energi dan pangan global, tapi masih terkendali dalam kisaran 2,5% plus minus 1%," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam rapat kerja Rancangan Anggaran Tahunan BI bersama Komisi XI DPR, Senin (13/11).

Perry memastikan bank sentral akan berupaya menjaga tingkat inflasi tahun depan di tengah tren kenaikan harga energi dan pangan global. Itu akan ditempuh melalui kebijakan moneter yang mendukung pengendalian inflasi umum dalam negeri.

Baca juga : BI Kembali Naikkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,75%

Hal tersebut meliputi kebijakan suku bunga acuan, pengendalian nilai tukar rupiah, dan memperkuat koordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Pusat/Daerah (TPIP/D) melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang akan dilakukan oleh 46 kantor wilayah BI.

Adapun untuk tahun ini Perry memproyeksikan tingkat inflasi umum akan ada di angka 2,84%. Itu berdasarkan hitungan realisasi inflasi hingga triwulan III 2023 yang tercatat 2,28%. "Sekarang di triwulan III inflasi itu 2,28% di akhir triwulan III, dan akan 2,56% di triwulan IV dan secara keseluruhan 2,84%, sehingga ini terkendali dalam sasaran 3% plus minus 1%," terangnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat