visitaaponce.com

Pengangguran di Afrika Selatan Menurun Jelang Pemilu

Pengangguran di Afrika Selatan Menurun Jelang Pemilu
Gedung South Africa Reserve Bank di Pretoria, pada 19 Oktober 2023.(AFP/Marco Longari.)

TINGKAT pengangguran di Afrika Selatan turun untuk dua kuartal berturut-turut. Data resmi menunjukkan itu pada Selasa (14/11). Ini merupakan kabar baik bagi perekonomian menjelang pemilu tahun depan.

Antara Juli dan September, tingkat pengangguran mencapai 31,9% dari angkatan kerja. Ini turun dibandingkan dengan 32,6% pada kuartal sebelumnya. 

"Jumlah pengangguran menurun 72.000 menjadi 7,8 juta," selama kuartal tersebut, tambah badan statistik nasional, StatsSA. Peningkatan lapangan kerja sebagian besar terkonsentrasi di sektor keuangan dan pertanian serta layanan masyarakat dan sosial.

Baca juga: Inflasi Amerika Serikat Turun Menjadi 3,2% selama Oktober

Penurunan itu mengikuti penurunan sebesar 0,3 poin persentase pada kuartal kedua. Afrika Selatan, yang dilanda krisis energi berkepanjangan yang menghambat aktivitas ekonomi, akan mengadakan pemilihan umum pada 2024.

Kongres Nasional Afrika yang berkuasa, yang berkuasa sejak 1994, mengalami penurunan dukungan. Ini karena kemiskinan, kesenjangan, dan pengangguran meningkat hampir tiga dekade setelah berakhirnya apartheid.

Baca juga: SoftBank Group Catat Kerugian Juli-September akibat Start-up Bangkrut

Tingginya tingkat pengangguran telah memicu protes serta sentimen antiasing. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat