visitaaponce.com

Taspen Layani Pembayaran Dana Pensiun Tanpa Urus Dokumen

Taspen Layani Pembayaran Dana Pensiun Tanpa Urus Dokumen
Ilustrasi(HO)

UNTUK memudahkan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengurus dan menyiapkan dokumen untuk mendapatkan hak pensiunnya, PT Taspen meluncurkan program pembayaran pensiun ASN yang mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) tanpa dokumen di wilayah Jakarta, Sumbagsel, dan Sulawesi Ambon Papua (Sulampua). Program yang diluncurkan Sabtu (18/11) di Kota Jambi ini, akan berlaku mulai 1 Januari 2024.  

Ariyandi, Direktur Operasional PT Taspen Ariyandi dalam keterangan yang diterima, Minggu (19/11) mengatakan inovasi ini bertujuan untuk memudahkan para pensiunan ASN dalam mengambil haknya di Taspen. "Biasanya harus menyiapkan dokumen, kemudian harus datang ke Taspen menyerahkan dokumen itu. Mulai 1 Januari 2024 nanti, tidak lagi seperti itu. Ketika sudah masuk batas usia pensiun, bisa dibayarkan langsung melalui Bank Mantap," katanya.

Dikatakan, Taspen dari tahun ke tahun selalu berinovasi. Pensiunan ASN, ketika sudah memasuki BUP, maka awal bulan akan langsung menerima transfer dana pensiun ke rekening masing-masing. "Kami menggunakan database ASN yang sudah ada. Jadi tidak perlu lagi para ASN menyiapkan dokumen apapun," katanya.

Menurutnya, pada 2024 mendatang, di wilayah Jakarta, Sumbagsel, dan Sulampua, ada 165 ribu ASN yang pensiun. "Setidaknya, 80 persen dari total tersebut sudah harus bisa dilayani dengan program ini," jelasnya.

Di sisi lain, Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen, Maswar Purnama mengatakan pihaknya menjamin penerimaan pensiun bulanan tidak ada penyetopan dan tidak perlu membuat Surat Pengesahan Tanda Bukti Diri (SPTB), sehingga tidak terjadi potensi rekening pasif dan manfaat pensiun lancar diterima secara bulanan.

"Bagi Nasabah Prioritas juga diberikan kemudahan transaksi tanpa harus melakukan otentikasi selama masih berhak”, jelas Maswar Purnama, Direktur Bisnis Bank Mandiri Taspen.

Sedangkan Direktur Kepatuhan Bank Mandiri Taspen Judhi B Wirjanto menyatakan, Bank Mandiri Taspen ditunjuk untuk piloting peluncuran pengajuan SPP klaim tanpa pemberkasan di wilayah Jakarta, Sumbagsel, dan Sulampua. "Sesuai dengan visi dan misi perusahaan, Bank Mandiri Taspen terus berperan aktif mensejahterakan dan memberdayakan nasabah dengan implementasi tiga pilar, yaitu Mantap Sehat, Mantap Aktif dan Mantap Sejahtera, sehingga nasabah tetap dapat berperan aktif dimasa pensiun sesuai dengan Tagline Bank Mandiri Taspen 'Tiada Kata Pensiun Untuk Berkarya’," jelasnya.

Pada acara peluncuran program pembayaran pensiun ASN tanpa dokumen, Bank Mandiri Taspen juga memberikan bantuan CSR kepada dua nasabah yang sudah menjadi mentor melalui pembinaan mereka selama ini sebesar masing–masing Rp5 juta. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat